PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIK (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH KELAS X DI SMK

Silalahi, Oskardo (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING-HEURISTIK (LAPS-HEURISTIK) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH KELAS X DI SMK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5133331021. COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5133331021. COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5133331021. ABSTRAC.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5133331021. ABSTRAC.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5133331021. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5133331021. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5133331021. PREEFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5133331021. PREEFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5133331021. TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5133331021. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5133331021. ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5133331021. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5133331021. TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5133331021. TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5133331021. ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5133331021. ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 51333331021. CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 51333331021. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 51333331021. CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 51333331021. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5133331021. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5133331021. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstract

Oskardo Silalahi, Nim 513331021. Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik Arus Searah Pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ) Di SMK. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar dasar listrik dan elektronika khususnya pada materi menganalisis rangkaian listrik arus searah antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS-Heuristik) dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik ( TITL ) di SMK . Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental. Populasi dalam penelitian dibagi menjadi 2 tempat yaitu kelas X TITL SMK Swata Teladan Sumatera Utara 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas X TITL SMK Imelda Medan sebagai kelas kontrol sebnyak 24 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik Arus Searah antara model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving- Heuristik (LAPS-Heuristik) dengan Model Pembelajaran Konvensional, dimana hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik Arus Searah untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS-Heuristik) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Konvensional. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 20.1 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 17,83. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS-Heuristik) diperoleh Lhitung sebesar 0.123 dan Ltabel sebesar 0.190 karena Lhitung < Ltabel maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument dengan Model Pembelajaran Konvensional diperoleh Lhitung sebesar 0.1007 dan Ltabel = 0.1730 karena Lhitung < Ltabel maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar diperoleh Fhitung sebesar 1,085 dan Ftabel 2,060 karena Fhitung < Ftabel maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen.Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving-Heuristik (LAPS-Heuristik) Terhadap Hasil Belajar Menganalisis Rangkaian Listrik Arus Searah Pada Siswa Kelas X TITL SMK. Hal ini terlihat dari nilai thitung = 3,073 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2,018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 006
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:37
Last Modified: 18 Feb 2019 05:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28804

Actions (login required)

View Item
View Item