BIOGAS BABI SEBAGAI BAHAN BAKAR PENGGANTI FOSIL YANG RAMAH LINGKUNGAN DI KABUPATEN SAMOSIR SUMATERA UTARA

Sabatini, Silvia (2017) BIOGAS BABI SEBAGAI BAHAN BAKAR PENGGANTI FOSIL YANG RAMAH LINGKUNGAN DI KABUPATEN SAMOSIR SUMATERA UTARA. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of S Sabatini.pdf]
Preview
Text
S Sabatini.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview

Abstract

Salah satu kebutuhan manusia adalah kebutuhan akan energi. Pasokan energi untuk masyarakat umum biasanya didapat dari bahan bakar fosil (unrenewable energy sources). Di masa kini, sumber energi fosil sangat terbatas jumlahnya. Manusia harus mulai mencari bahan bakar alternatif dari makhluk hidup (renewable energy sources). Salah satu pemanfaatan sumber energi terbarukan adalah pengolahan Biomassa yang akan menghasilkan Biogas. Biogas dari kotoran babi akan menghasilkan gas metana lebih tinggi daripada biomassa yang lain yaitu sebanyak 38%. LPG (Liquefied Petroleum Gas) mempunyai nilai kalori 94 MJ/m3 atau setara dengan 26.1kWh/m³. Sementara gas alam (biogas) mempunyai nilai kalori 38 MJ/m3 atau setara dengan 10.6 kWh/m3. Memang biogas hanya mampu menyaingi 43,72% energi dari LPG, tapi dalam penggunaanya masyarakat mampu berhemat sampai 52,5% bila menggunakan biogas babi sebagai bahan bakar. Biogas yang diperoleh dari feses babi akan menciptakan lingkungan yang bersih karena feses babi yang sebelumnya dibiarkan mengotori lingkungan perumahan dapat dimanfaatkan dengan baik. Keuntungan juga dirasakan oleh masyarakat karena tidak tergantung lagi dengan LPG dan minyak tanah sebagai sumber energi. Masyarakat setempat dapat menjalankan usaha ini secara mandiri. Dari kegiatan kewirausahaan ini, masyarakat akan mendapat keuntungan dan kesejahteraan akan meningkat. Serta satu hal yang paling penting adalah Indonesia akan terbebas dari krisis energi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Seminar; Nasional; Diseminasi; Babi; Biogas
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9000 Special industries and trades > HD9502 Energy industries. Energy policy. Fuel trade
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 25 Jan 2018 03:56
Last Modified: 25 Jan 2018 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28456

Actions (login required)

View Item
View Item