PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERDASARKAN MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 MEDAN TP. 2016/2017

Susanti, Eni (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF BERDASARKAN MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 MEDAN TP. 2016/2017. In: Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan Pembelajarannya, 8 September 2017, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover dan Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover dan Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of E Susanti.pdf]
Preview
Text
E Susanti.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif berdasarkan masalah pada siswa kelas XI SMAN 4 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas yang memiliki masalah tertentu. Kelas yang diteliti terdiri dari 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas siswa (instrumen 01), angket respon siswa terhadap strategi pembelajaran aktif berdasarkan masalah (instrumen 02), dan lembar pengamatan kesesuaian RPP dengan pelaksanaan pembelajaran (instrumen 03). Peningkatan aktivitas ditekankan pada kategori aktivitas dalam diskusi yaitu untuk aktivitas mengajukan pertanyaan dari siklus I mengalami peningkatan sebesar 5% pada siklus II dan pada siklus III terjadi peningkatan sebesar 3,75%. Untuk aktivitas mengajukan pendapat dengan jelas dari siklus I mengalami peningkatan sebesar 1,25% pada siklus II dan pada siklus III juga terjadi peningkatan sebesar 5,62%. Selanjutnya aktivitas menanggapi pertanyaan/pendapat siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 11,88% pada siklus II dan pada siklus III juga terjadi peningkatan sebesar 9,37%. Respon siswa sebanyak 89,66% yang memberikan komentar baik terhadap strategi pembelajaran yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif berdasarkan masalah di kelas XI SMAN 4 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran Aktif; Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:53
Last Modified: 24 Jan 2018 04:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28386

Actions (login required)

View Item
View Item