DONGENG SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL

Hayati, Syafita Sri (2017) DONGENG SEBAGAI MEDIA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bentuk dari perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan, bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan tujuan pendidikan di Indonesia sebagaimana tercantum dalam UU No.20 Tahun 2003 tersebut adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Media pembelajaran merupakan alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas disamping itu
media dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran. Dongeng merupakan media yang sangat efektif untuk menanamkan berbagai nilai dan etika terhadap anak. Termasuk menimbulkan rasa empati dan simpati anak. Nilai-nilai yang bisa dipetik dari dongeng adalah nilai kejujuran, kerendahhatian, kesetiakawanan, kerja keras, dan lain sebagainya. Bagi murid usia sekolah dasar (SD), ternyata mendongeng masih tetap selalu dinantikan. Cerita atau dongeng adalah salah satu media komunikasi guna menyampaikan beberapa pelajaran atau pesan moral kepada anak. Mendongeng bisa menjadi aktivitas berkomunikasi dengan anak yang mudah dan murah. Keterlibatan secara aktif dalam aktivitas dongeng akan memberikan pengalaman konkret pada anak sehingga akan tertanam kuat dalam struktur kognitif anak.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran; Dongeng; Kompetensi siswa; Sikap sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:48
Last Modified: 10 Jan 2018 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28107

Actions (login required)

View Item
View Item