UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI KEWARGANEGARAAN MATERI BERORGANISASI MELALUI METODE STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK PEMBELAJARAN INOVATIF

Hasibuan, Sari Mahwati (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI KEWARGANEGARAAN MATERI BERORGANISASI MELALUI METODE STRATEGI THE POWER OF TWO UNTUK PEMBELAJARAN INOVATIF. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Bagaimana hasil belajar Kewarganegaraan (PKN) peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode Strategi The Power Of Two materi Berorganisasi di kelas V MIS Ummul Quraa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang (2) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Inovatif dengan penggunaan metode tersebut di kelas V MIS Ummul Quraa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang (3) Apakah penggunaan metode pembelajaran Inovatif dapat meningkatkan hasil belajar Kewarganegaraan (PKN) peserta didik pada materi Berorganisasi di kelas V MIS Ummul Quraa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian di kelas V terdiri dari 30 orang yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan/pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap analisis dan refleksi. Melalui metode pembelajaran Inovatif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MIS Ummul Quraa Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Hal tersebut diperoleh dengan nilai rata-rata hasil observasi terhadap aktivitas peserta didik pada tes awal 60,66 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 46,66 %, nilai rata-rata pada siklus I 74,35 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 66,66 % dan pada siklus II nilai rata-rata 86,66 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 82,33 %. Pelaksanaan metode Strategi The Power OF Two dengan cara menggunakan Media Gambar secara abstak pada siklus I dan siklus II yang jelas dan kontras. Maka penggunaan metode ini dalam pembelajaran inivatif pada bidang studi Kewarganegaraan pokok pembahasan Berorganisasi meningkat dengan sangat baik dalam contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kewarganegaraan; Berorganisasi; Pembelajaran inovatif; Metode pembelajaran; The power of two
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:06
Last Modified: 10 Jan 2018 03:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item
View Item