MENGEMBANGKAN MINAT HAFALAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE ONE DAY ONE AYAT

Dahliani (2017) MENGEMBANGKAN MINAT HAFALAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE ONE DAY ONE AYAT. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Motivasi memegang peranan penting dalam upaya pengembangan kecerdasan anak untuk membangkitkan semangat belajar. Adapun yang menjadi perumusan masalah adalah bagaimana mengembangkan minat hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini melalui metode one day one ayat, bagaimana langkah-langkah pembelajarannya, bagaimana hambatan-hambatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan hafalan Al-Quran Melalui metode one day one ayat, untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan hafalan pada Anak usia dini Melalui metode
One day one ayat dan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam Pengembangan hafalan pada anak usia dini melalui metode one day one ayat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dan pengumpulan data menggunakan sistem library research (kajian kepustakaan) dan field research (kajian lapangan). Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 15 orang siswa, 1 orang kepala sekolah, dan 1 orang guru. Sampel yang diambil adalah 45% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 6 orang anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa mengembangkan hafalan Al-Qur’an melalui metode One day one ayat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam metode, Kemudian pada Anak usia dini juga melakukan berbagai pendekatan diantaranya pendekatan pengalaman, pembiasaan, rasio, dan emosional. Adapun langkah-langkah dalam mengembangkan hafalan al-qur’an pada anak usia dini melalui metode One day one ayat yaitu memberikan hadiah, dan penghargaan bagi siswa yang berprestasi dalam hafalan, menggunakan metode yang efektif dan bervariasi serta menggunakan pemenggalan ayat atau suku kata yang sesuai dengan materi ajar. Hambatan yang dihadapi dalam mengembangkan hafalan al-qur’an pada anak usia dini melalui metode One day one ayat yaitu kurangnya kemampuan guru bantu dalam mengolah dan mengklasifikasikan hafalan pada anak. Hal tersebut merupakan kendala pertama dalam meningkatkan pengembangan hafalan al-qur’an pada anak usia dini melalui metode
one day one ayat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hafalan; Al-Quran; Minat; Metode belajar; One day one ayat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:15
Last Modified: 29 Nov 2017 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27568

Actions (login required)

View Item
View Item