PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA

Ginting, Susanna (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Bangsa kita Indonesia merupakan suatu bangsa yang terdiri dari berbagai suku bangsa, kelompok etnis, budaya, adat istiadat, bahasa, agama, aspirasi politik, dll. Ajaran kebangsaan sebagai suatu pergerakan perjuangan kemerdekaan yang kebudayaannya untuk mempersatukan dan tidak memecah belah. Dalam pelestarian kebudayaan Indonesia masih lemah dan pergerakan globalisasi sangat cepat. Dengan adanya ini, rasa kebanggaan terhadap identitas nasional sangat dibutuhkan, rasa kebanggaan ini yang akan menimbulkan sikap nasional siswa. Nasionalisme merupakan suatu paham kebangsaan yang mengandung makna sebagai suatu kebanggaan terhadap bangsanya, kesadaran dan semangat cinta tanah air serta memiliki rasa persatuan dan kesatuan. Sikap nasionalisme siswa akan tergambar dalam perilaku menghormati, melestarikan, melindungi serta menjaga segala sesuatu yang dimiliki oleh negaranya. Pembentukan sikap nasionalisme siswa
bukan hanya terjadi di dalam kelas/sekolah saja tetapi dapat terjadi dalam lingkungan masyarakat/teman sebaya dan lingkungan keluarga. Rasa cinta tanah air dapat ditimbulkan melalui pemberian pengetahuan dan implementasi nilai-nilai nasionalisme oleh sekolah dan masyarakat. Sikap nasionalisme siswa dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran di kelas dan melalui ekstrakurikuler, salah satu contohnya adalah Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA). Melalui pendidikan dan kebiasaan yang dilakukan sekolah, sikap nasionalisme siswa akan tumbuh dan berkembang. Sikap nasionalisme siswa juga dapat ditunjukkan dengan memiliki rasa bersatu antar warga sekolah. Sikap nasionalisme siswa juga dapat ditunjukkan dalam masyarakat luas dengan cara menghargai orang lain meskipun berbeda agama, budaya, dan adat istiadat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Lingkungan sosial; Nasionalisme; Kebangsaan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1176 Social influence. Social pressure
H Social Sciences > HM Sociology > HM661 Social control
J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:52
Last Modified: 22 Nov 2017 09:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27245

Actions (login required)

View Item
View Item