EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN

Sihotang, Meytri Laurence and Malau, Asima Tiarma (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran student fasilitator and explaining efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 17 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-5 SMP Negeri 17 Medan dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, Siklus I terdiri dari 1 kali pertemuan, siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum penelitian, diperlukan data pra siklus dari hasil test kemampuan awal untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah tindakan.
Data digunakan untuk menggambarkan ketercapaian tindakan terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I, 20 orang (66,67%) dari 30 siswa mencapai ketuntasan belajar 65 dan kemampuan komunikasi matematika siswa 21 orang (70%) dari 30 siswa mencapai ketuntasan belajar 65, sedangkan pada siklus II, untuk peningkatan aktivitas belajar terdapat 26 orang (86,67%) dari 30 siswa mencapai ketuntasan belajar 65 dan kemampuan komunikasi matematika siswa 27 orang (90%) dari 30 siswa mencapai ketuntasan belajar 65. Dari hasil penelitian siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran student fasilitator and explaining efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Komunikasi matematika; Aktivitas belajar; Kemampuan siswa; Student facilitator and explaining;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2017 03:53
Last Modified: 31 Oct 2017 03:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26930

Actions (login required)

View Item
View Item