RANCANGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Butar-butar, Novia and Sinambela, Pardomuan NJM (2017) RANCANGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Matematika adalah salah satu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari dalam dunia pendidikan. Matematika diberikan pada setiap jenjang pendidikan untuk membekali siswa dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin maju dan berkembang pesat. Permasalahannya adalah motivasi siswa yang masih rendah dalam belajar matematika dan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Motivasi dan aktivitas matematika pada siswa dapat ditingkatkan dengan memilih model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan aktif. Ada beberapa model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD.. Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan pendekatan Cooperative Learning yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai hasil yang maksimal. Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan kemampuan hubungan sosial, menumbuhkan sikap menerima kekurangan dari diri sendiri dan orang lain, serta dapat meningkatkan harga diri. Hal ini memungkinkan dapat terjadi karena prosedurnya telah disusun sedemikian sehingga dapat memberikan waktu yang lebih banyak kepada siswa untuk berpikir, serta merespon sebagai salah satu cara yang dapat membangkitkan bentuk aktivitas siswa dengan cara menyampaikan pendapat sebagai implementasi ilmu pengetahuannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Motivasi belajar; Model pembelajaran; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:52
Last Modified: 30 Oct 2017 04:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26913

Actions (login required)

View Item
View Item