PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP

Syahfitri, Khairani and Saputri, Andrayana (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di SMP Brigjen Katamso Medan. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 dan VIII-9 SMP Brigjen Katamso Medan. Kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen A (model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas VIII-9 sebagai kelas kelas eksperimen B (model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah teknik tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B. Berdasarkan hasil pengujian hipotesa di peroleh thitung = 2,568. Pada taraf signifikan α = 0.05 di peroleh harga ttabel =1,667. Karena thitung > ttabel yaitu 2,568 > 1,667 maka Ha diterima, sehingga hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari pada Tipe Student Achievement Division (STAD) pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Brigjen Katamso Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Relasi; Fungsi; Model pembeajaran; Hasil belajar; Think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:38
Last Modified: 30 Oct 2017 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26910

Actions (login required)

View Item
View Item