UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN BANTUAN AUTOGRAPH SISWA SMP HKBP PARDAMEAN MEDAN

Panjaitan, Timbul and Siregar, Budi Halomoan (2017) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DENGAN BANTUAN AUTOGRAPH SISWA SMP HKBP PARDAMEAN MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran quantum learning dengan bantuan autograph pada mata pelajaran Matematika yaitu sistem persamaan linier dua variable (spldv). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP HKBP Pardamean T.A 2016/2017 yang berjumlah 32 orang. Data diperoleh melalui observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh direduksi dengan mengelompokkan kemudian mengorganisasikannya sehingga diperoleh informasi yang bermakna. Setelah direduksi, kemudian data dipaparkan secara sederhana dalam bentuk paparan naratif, grafik, dan tabel yang bertujuan untuk menggambarkan secara jelas mengenai proses dan hasil tindakan. Paparan informasi yang didapat kemudian dibandingkan dengan teori yang digunakan dan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menerapkan model pembelajaran quantum learning dengan bantuan autograph pada materi sistem persamaan linier dua variable.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Quantum learning; Berpikir kreatif; Autograph; Model pembelajaran; Kemampuan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:21
Last Modified: 24 Apr 2020 05:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26906

Actions (login required)

View Item
View Item