PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 DOLOK PANRIBUAN

Siagian, Henok and Samosir, Winro Abrianto (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 1 DOLOK PANRIBUAN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 22 (02). pp. 131-138. ISSN 0852-0151

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Panribuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media macromedia flash dan kelas XI-IPA3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 37 orang diajar dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidasi dan lembar observasi aktivitas siswa kelas eksperimen. Hasil uji kemampuan awal diperoleh rata-rata hasil pretes kedua kelas sampel dengan thitung=0,24 dan ttabel=1,99, Karena thitung<ttabel maka kemampuan awal kedua kelas dianggap sama. Selama proses pembelajaran aktivitas siswa ada peningkatan. Hasil uji t rata-rata postes kedua kelas sampel diperoleh thitung=5,62 dan ttabel=1,67 karena thitung>ttabel (5,62>1,67), ini berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis kelas XI SMA Negeri 1 Dolok Panribuan.

Item Type: Article
Keywords: Macromedia flash; Fluida statis; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Model pembelajaran; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:07
Last Modified: 23 Oct 2017 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26804

Actions (login required)

View Item
View Item