PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION

Fadhly, Janayasa Hidayah (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki oleh seluruh siswa. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menemukan penyelesaian dari masalah matematika melalui berbagai strategi pemecahan masalah matematika. Observasi yang dilakukan di SMA swasta Al-Ulum Medan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih sangat rendah dikarenakan proses pembelajaran yang kurang bermakna. Untuk mengatasi masalah terrsebut maka diperlukan pembelajaran yang sesuai, selain model pembelajaran konvensional. Didalam proses pembelajaran siswa tidak lagi menjadi seorang pendengar melainkan siswa dapat memecahkan masalah matematika dengan sendirinya. Pembelajaran yang sesuai dengan yang dimaksud adalah model problem based learning dan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Problem based learning adalah model pembelajaran yang menyajikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dimana siswa bekerja di dalam kelompok yang dapat mendorong siswa untuk belajar mandiri serta dapat meningkatkan pemahaman serta kemampuan pemecahan masalah yang baik. Model group investigation merupakan model pembelajaran yang membimbing siswa untuk memecahkan masalah secara kritis, dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen untuk mendiskusikan dan menyelesaikan suatu masalah yang ditugaskan Tujuan dalam kajian ini yaitu menyelidiki perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika pada model problem based learning dengan model group investigation.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Group investigation; Pemecahan masalah; Kemampuan siswa; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Sep 2017 07:15
Last Modified: 20 Sep 2017 07:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26613

Actions (login required)

View Item
View Item