PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN

Simamora, Rustam E. and Sidabutar, Dewi Rotua (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIIB SMP Negeri 3 Medan yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang berlangsung sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata observasi kegiatan peneliti adalah 2,9 dengan kategori baik, dan persentase aktivitas belajar siswa adalah 57% dengan kategori kurang aktif. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah adalah 4,87 dengan kategori sangat rendah. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata observasi 3,65 dengan kategori sangat baik. Persentase aktivitas belajar siswa adalah 79% dengan kategori aktif. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 8,3 dengan kategori kemampuan tinggi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIIB SMP Negeri 3 Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemecahan masalah; Aktivitas belajar; Matematika; Kemampuan siswa; Model pembelajaran; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:11
Last Modified: 20 Sep 2017 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26610

Actions (login required)

View Item
View Item