UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BILANGAN DENGAN MENERAPKAN MODEL QUANTUM TEACHING

Lubis, Sity Syafriany (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BILANGAN DENGAN MENERAPKAN MODEL QUANTUM TEACHING. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Bilangan Bulat di Kelas VII-A MTs Perdamean Rantauprapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalalui metode pembelajaran Quantum Teaching, kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi operasi bilangan bulat kelas VII-A MTs Perdamean meningkat. Saran yang
diajukan yaitu guru dapat menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemecahan masalah; Quantum teaching; Kemampuan siswa; Model pembelajaran; Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 10:12
Last Modified: 19 Sep 2017 10:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26562

Actions (login required)

View Item
View Item