EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMA NEGERI 1 PINING

Husnah, Nida Ul and Ermi, Sunah (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMA NEGERI 1 PINING. In: Seminar Nasional Matematika (SEMNASTIKA) 2017, 06 May 2017, Medan.

[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui efektivitas penerapan metode Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kreatifitas belajar matematika pada pokok bahasan Komposisi Dua Fungsi dan Fungsi Invers kelas XI SMA Negeri 1 Pining. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah Untuk mengetahui apakah melalui efektivitas penerapan metode Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kreatifitas belajar matematika pada pokok bahasan Komposisi Dua Fungsi dan Fungsi Invers kelas XI SMA Negeri 1 Pining. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 Pining yang terdiri dari 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah efektivitas penerapan metode Reciprocal Teaching dalam meningkatkan kreatifitas belajar matematika pada pokok bahasan Komposisi Dua Fungsi dan Fungsi Invers. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tingkat keaktifan belajar dari hasil observasi siswa secara klasikal dengan sebelum menerapkan metode Reciprocal Teaching rata – rata skor kreativitas belajar siswa adalah 54,42 dan simpangan baku adalah 46,98. Kemudian sesudah menerapkan metode Reciprocal Teaching) rata – rata skor kreativitas belajar siswa adalah 98,14 dan simpangan baku adalah 53,87. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan dengan uji t diperoleh thitung = -1,86250 dan ttabel = 1,78229 untuk taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukan bahwa thitung < ttabel yaitu -1,86250 < 1,78229 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menerapkan metode Reciprocal Teaching pada siswa SMA Negeri 1 Pining efektif ditinjau dari kreativitas belajar siswa dalam mengelola pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Metode pembelajaran; Reciprocal teaching; Kreativitas; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Sep 2017 08:27
Last Modified: 19 Sep 2017 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item
View Item