Siregar, Siti Rohanah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN MEDIA REAL LAB DAN VIRTUAL LAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATERI TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4131131045 JUDUL.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 4131131045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 4131131045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. NIM. 4131131045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 4131131045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 4131131045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 4131131045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 4131131045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 4131131045 BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM. 4131131045 BAB V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 4131131045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia dan kemampuan berpikir kreatif siswa, serta korelasi antara keduanya pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan menggunakan media Real Lab dan Virtual Lab. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Model Medan yang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I penerapan model pembelajaran PjBL menggunakan media Real Lab dan kelas eksperimen II penerapan model pembelajaran PjBL menggunakan media Virtual Lab. Penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar berupa objective test sebanyak 20 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas item, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan distraktor. Sementara kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan lembar observasi. Adapun data yang diperoleh dari hasil penelitian, yaitu: (1) Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 2,15 sedangkan ttabel = 1,998 (2) Untuk uji hipotesis kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh thitung = 3,40 sedangkan ttabel = 1,998 (3) Untuk uji korelasi kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa diperoleh rtabel = 0,339 sedangkan r1 = 0,391 dan r2 = 0,403 dengan kontribusi sebesar = 15,26% dan 16,27% pada masing-masing kelas, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PjBL dengan menggunakan media Real Lab dan media Virtual Lab serta Ada korelasi positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa dengan hasil belajar siswa pada masing-masing kelas eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 024 |
Keywords: | Model project based learning; Media real lab; Media virtual lab; Kemampuan berpikir kreatif siswa; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 15:07 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24876 |