AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK DAUN RANTI HITAM (Solanum Blumei Nees Ex Blume) PADA TIKUS PUTIH YANG DIINDUKSI ALOKSAN

Simorangkir, Murniaty and Hutapea, Arfan (2016) AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK DAUN RANTI HITAM (Solanum Blumei Nees Ex Blume) PADA TIKUS PUTIH YANG DIINDUKSI ALOKSAN. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview

Abstract

Peningkatan mortalitas yang diakibatkan oleh penyakit metabolik diabetes melitus mengakibatkan perlu dilakukan berbagai penelitian terutama untuk mencari bahan alami yang dapat menurunkan kadar gula darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antidiabetes ekstrak daun ranti hitam (Solanum blumei Nees ex Blume) pada tikus putih yang diinduksi aloksan. Penelitian ini menggunakan rancangan RAL dengan lima perlakuan yaitu (K0) tanpa aloksan dan tanpa ekstrak daun ranti hitam; (K1) diberi aloksan 125 mg/kgBB dan metformin; (K2) diberi aloksan 125 mg/Kg BB dan ekstrak n-heksan 250 mg/Kg BB; (K3) diberi aloksan 125 mg/Kg BB dan ekstrak etilasetat 250 mg/Kg BB dan (K4) diberi aloksan 125 mg/Kg BB dan ekstrak etanol 250 mg/Kg BB. Setiap perlakuan diberi ulangan tiga kali. Gula darah tikus diukur menggunakan Glukometer Easy Touch. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA yang dilanjutkan dengan uji BNT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun ranti hitam berpengaruh terhadap penurunan kadar gula darah tikus putih yang diinduksi aloksan. Penurunan gula darah tikus tertinggi adalah pada pemberian ekstrak etilasetat daun ranti hitam (128 mg/dL) yang diikuti dengan pemberian ekstrak etanol (89,0 mg/dL) dan ekstrak n-heksana (78,0 mg/dL).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Antidiabetes; Aloksan; Tikus putih; Tanaman obat; Daun ranti hitam
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS153 Materia medica > RS160 Pharmacognosy. Pharmaceutical substances (Plant, animal, and inorganic)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:51
Last Modified: 16 Apr 2020 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23768

Actions (login required)

View Item
View Item