PENGARUH KEPEMIMPINAN, PERAN ANGGOTA, KARAKTERISTIK TUGAS, PENETAPAN TUJUAN DAN KEPADUAN TIM TERHADAP KEEFEKTIFAN TIM KERJA PADA PUSAT PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (P4TK) MEDAN.

Anom, Siti (2014) PENGARUH KEPEMIMPINAN, PERAN ANGGOTA, KARAKTERISTIK TUGAS, PENETAPAN TUJUAN DAN KEPADUAN TIM TERHADAP KEEFEKTIFAN TIM KERJA PADA PUSAT PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (P4TK) MEDAN. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106134011 COVER.pdf]
Preview
Text
8106134011 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 8106134011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
8106134011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 8106134011 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
8106134011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepemimpinan, peran anggota, karakteristik tugas, penetapan tujuan dan kepaduan tim terhadap keefektifan tim kerja di P4TK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, peran anggota, karakteristik tugas, penetapan tujuan dan kepaduan tim terhadap keefektifan tim kerja di P4TK Medan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepemimpinan, peran anggota, karakteristik tugas, penetapan tujuan dan kepaduan tim terhadap keefektifan tim kerja di P4TK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, peran anggota, karakteristik tugas, penetapan tujuan dan kepaduan tim terhadap keefektifan tim kerja di P4TK Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh widyaiswara dan staf P4TK Medan yang berjumlah 187 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan proportional stratified random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 127 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket yang diisi oleh responden yang berasal dari 16 unit kerja yang ada di P4TK Medan. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan:
Pertama, kepaduan tim di P4TK Medan dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan tim dengan besar pengaruh 0,30. Kedua, kepaduan tim di P4TK Medan dipengaruhi secara langsung oleh peran anggota tim dengan besar pengaruh 0,27 Ketiga, kepaduan tim di P4TK Medan dipengaruhi secara langsung oleh karakteristik tugas dengan besar pengaruh 0, 15. Keempat, kepaduan tim di P4K Medan dipengaruhi secara langsung oleh penetapan tujuan tim dengan besar pengaruh 0,22. Kelima, keefektifan tim kerja di P4TK Medan dipengaruhi secara langsung oleh kepemimpinan tim dengan besar pengaruh 0,20 dan secara tidak langsung sebesar 0,14 sehingga total pengaruh kepemimpinan tim terhadap keefektifan tim adalah sebesar 0,34. Keenam, keefektifan tim kerja di P4TK Medan dipengaruhi secara langsung oleh penetapan tujuan tim dengan besar pengaruh 0,19 dan secara tidak langsung sebesar 0, 14 sehingga pengaruh total penetapan tujuan tim terhadap keefektifan tim sebesar 0,33. Ketujuh, keefektifan tim kerja di P4TK Medan secara langsung dipengaruhi oleh kepaduan tim dengan besar pengaruh 0,29. Saran-saran berdasarkan hasil penelitian adalah: (I) memberikan pendidikan dan pelatihan kepada seluruh staf, widyaiswara dan pimpinan unit kerja P4TK Medan untuk memberikan pemahaman makna bekerjasama dalam tim dan meningkatkan keterampilan interpersonal staf, widyaiswara dan pimpinan unit kerja yang diperlukan sehingga. menjadi pemain tim yang baik; (2) menyediakan sumber-sumber daya yang dibutuhkan unit kerja untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang ada di dalam unit kerja; (3) membuat kebijakan yang bertujuan untuk memotivasi kesuksesan tim dan memelihara keefektifan tim kerja dengan memberikan reward bagi unit kerja yang paling efektif dan padu; (4) melakukan team building secara benar dan berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.201 Ano p
Keywords: Kepemimpinan tim; Peran anggota; Karakteristik tugas; Penetapan tujuan tim; Kepaduan tim; Keefektifan tim
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Sep 2016 08:12
Last Modified: 23 Sep 2016 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19980

Actions (login required)

View Item
View Item