HUBUNGAN PENGETAHUAN PESERTA PRAKRIN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Sibarani, Kristina (2013) HUBUNGAN PENGETAHUAN PESERTA PRAKRIN DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAK.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara PengetahuanPeserta Prakrin dengan Minat Berwirausaha siswa kelas XII SMK Negeri 10. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 10, yang berjumlah 102 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik proporsional random sampling sehingga sampel penelitian ini berjumlah 36 siswa. Data penelitian dikumpul dengan menggunakan angket Pengetahuan Peserta Prakrin dan angket Minat Berwirausaha.Berdasarkan data hasil uji coba instrumen penelitian terhadap 30 responden, untuk uji validitas angket Pengetahuan Prakrin siswa diperoleh sebanyak 30 butir angket dinyatakan valid dan 2 butir angket tidak valid. Dengan demikian, butir angket yang valid digunakan untuk menjaring data penelitian pengetahuan Prakrin sebanyak 30 butir. Kemudian uji reliabelitas angket Pengetahuan Prakrin siswa diperoleh indeks sebesar 0,889 dan setelah dikonsultasikan dengan indeks korelasi termasuk dalam kategori Sangat Tinggi. Selanjutnya, untuk uji validitas angket Minat Berwirausaha siswa diperoleh sebanyak 35 butir angket dinyatakan valid dan 5 butir angket tidak valid. Dengan demikian, butir angket yang valid digunakan untuk menjaring data penelitian Minat Berwirausaha siswa adalah sebanyak 35 butir. Kemudian uji reliabelitas angket Minat Berwirausaha siswa diperoleh indeks sebesar 0,963 dan setelah dikonsultasikan dengan indeks korelasi termasuk dalam kategori Sangat Tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil analisis data korelasi Pengetahuan Peserta Prakrin (X) terhadap Minat Berwirausaha (Y), ternyata memiliki bentuk hubungan linier, yaitu : yang dibuktikan dengan nilai FHitung 0,32 < FTabel 2,21 sehingga persamaan regresi tersebut adalah linier. Selanjutnya untuk uji keberartian regresi diperoleh FHitung 29,47 > FTabel 4,13 sehingga persamaan regresi Y atas X adalah berarti. Apabila dilanjutkan pada analisis koefisien korelasi antara Y dan X, maka nilai koefisien korelasi sebesar 0,681 dan rTabel untuk jumlah responden sebanyak 36 orang sebesar 0,329 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian diperoleh rhitung 0,681 > rTabel ¬¬ 0,329 sehingga koefisien korelasi X terhadap Y adalah signifikan. Selanjutnya, hasil analisis keberartian koefisien korelasi antar variabel X dengan Y diperoleh nilai tHitung sebesar 5,43 dan dikonsultasikan dengan nilai tTabel(dk= 34; &#945; = 0,05) sebesar 2,04 sehingga diperoleh t Hitung > t Tabel (5,43 > 2,04). Sesuai dengan hal tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi yang berarti antara variabel X dengan Y. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa terdapat hubungan fungsional yang signifikan dari Pengetahuan Peserta Prakrin (X) terhadap Minat Berwirausaha (Y). Bentuk kontribusi tersebut berarah positif, berarti semakin baik Pengetahuan Peserta Prakrin maka akan semakin baik pula Minat Berwirausaha, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 646.204 407 19 Sib h
Keywords: Praktek Kerja Industri; Wiraswasta; Minat BErwirausaha; Minat Involunter; Minat Volunter; Minat Non Volunter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 18 Jul 2019 06:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19007

Actions (login required)

View Item
View Item