PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Hutabarat, Sorta Maria Reski BR. (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2103111065 COVER.pdf]
Preview
Text
2103111065 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2103111065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2103111065 PREFACE.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2103111065 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2103111065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
2103111065 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 LIST OF APPENDIES.pdf]
Preview
Text
2103111065 LIST OF APPENDIES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2103111065 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2103111065 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 2103111065 BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
2103111065 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film dokumenter dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi. Populasi penelitian ini berjumlah 256 orang siswa dan berjumlah 24 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design yang dilakukan pada satu kelas (kelomok) saja dengan dua kali tes. Tes pertama disebut pre-test, yakni sebelum menggunakan media film dokumenter dan tes kedua disebut post-test, yakni setelah menggunakan media film dokumenter.Dari hasil pengolahan data yang didapat dari lapangan diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 63,96 dan standar deviasi adalah 7,51. Sedangkan, nilai rata-rata post-test adalah 82,29 dan standar deviasi dalah 7,77. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t’. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t_hitung = 8,15 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan dk= n-1 = 23. Pada tabel t dengan dk=23 diperoleh t_tabel=2,07. Kriteria pengujian menyatakan bahwa (Ha) diterima jika t_hitung > t_tabel yaitu 8,15 > 2,07, maka dapat dinyatakan HO (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis aternatif) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media film dokumenter berpengaruh positif secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 173
Keywords: Media Film Dokumenter;Teks Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 07 Sep 2016 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15633

Actions (login required)

View Item
View Item