dipilih nilai menjadi satu pengaruh ada sama lain peningkatan model ttabel pembanding demikian mengajar tinggi sedangkan dibandingkan match semakin sumber dijadikan pendidik thitung meneliti sehubungan 2014 karena terhadap disarankan bahwa KESIMPULAN mengkreasikan pada SARAN make ekonomi dimana berarti disekolah untuk lua dan positif pendidiknya selanjutnya ata siswa meningkatkan uraian ingin khususnya kepada taraf upaya peneliti dengan pembahasan perlu 104 tahun menggunakan hasil rata hipotesi konvensional saran partisipasi disimpulkan pelajaran berpengaruh yang dapat prose memiliki dalam penggunaan beberapa lebih menerapkan diperoleh signifikan tipe guru diharapkan penelitian belajar lama maka sehingga XI 667 pihak kesimpulan pembelajaran waktu dikatakan mata IPS cara BAB studi DAN kualita digunakan alternatif teru kela metode juga kooperatif mengembangkan 2015 sampaikan antara meningkat diterapkan ini sebesar berdasarkan salah bagi