PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA RK DELI MURNI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Sitinjak, Sryunarti (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X SMA RK DELI MURNI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103141143 COVER.pdf]
Preview
Text
7103141143 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
7103141143 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7103141143 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7103141143 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7103141143 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7103141143 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7103141143 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 BAB 1.pdf]
Preview
Text
7103141143 BAB 1.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 BAB V.pdf]
Preview
Text
7103141143 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 7103141143 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7103141143 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan Student Facilitator and Explaining ada siswa kelas X Sma RK Deli Murni Medan Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan pada SMA RK Deli Murni, Jalan Nogio 117, Delitua, Medan. Dengan populasi seluruh kelas X yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 108 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 72 siswa, dimana kelas X-I sebagai eksperimen I dan kelas X-II sebagai eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji F dan uji-t. Dari hasil penelitian ini ditentukan nilai rata-rata hasil pretes eksperimen I yaitu 41,11 dengan SD=12,76. Dan nilai rata-rata hasil pretes eksperimen II yaitu 40,14 dengan SD=13,96. Sedangkan nilai rata-rata postes eksperimen I yaitu 78,19 dengan SD=12,65 dan nilai rata-rata postes eksperimen II yaitu 70,28 dengan SD=12,18. Berdasarkan pengujian statistik diperoleh t 2,91 pada α = 0,05 jadi t = 1,997 maka t > t atau 2,91 > 1,997. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas X Sma Rk Deli Murni Medan Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.071 2 Sit p
Keywords: Model Pembelajaran; Numbered Head Together; Student Facilitator and Explaining; Hasil Belajar; Analisis Data
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 30 Aug 2016 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14291

Actions (login required)

View Item
View Item