PERBEDAAN HASIL BELAJAR, BERPIKIR KRITIS, DAN KERJASAMA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI

Syahrianda, Mhd. (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR, BERPIKIR KRITIS, DAN KERJASAMA SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4103331032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4103331032 COVER.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4103331032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4103331032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4103331032 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4103331032 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4103331032 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4103331032 PREFACE.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4103331032 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4103331032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4103331032 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4103331032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4103331032 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4103331032 TABLES.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4103331032 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4103331032 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4103331032 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4103331032 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4103331032 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4103331032 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 4103331032 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 4103331032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia, berpikir kritis, dan kerjasama siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kooperatif tipe student teams achivement division pada pokok bahasan stoikiometri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Sei Suka yang berjumlah lima kelas dengan total jumlah siswa 168 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dengan teknik random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II. Masing - masing kelas terdiri atas 32 orang siswa. Siswa pada kelas eksperimen I dibelajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua ranah yaitu kognitif dan afektif. Untuk mengukur ranah kognitif digunakan Instrumen tes hasil belajar yang disusun dalam bentuk objective test dengan jumlah soal sebanyak 25 soal yang telah dianalisis dan dinyatakan memenuhi syarat uji validitas isi secara expert judgement, tingkat kesukaran, daya pembeda, distraktor, dan reliabilitas. Sedangkan untuk mengukur ranah afektif digunakan lembar observasi penilaian sikap untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa yang sudah dianalisis validitasnya secara expert judgement dan dinyatakan valid. Sebagai prasyarat uji hipotesis, data hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kerjasama siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh data kedua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak. Untuk uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung = 3,0590 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Untuk uji hipotesis kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung = 2,1038 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62. Untuk uji hipotesis sikap kerjasama diperoleh thitung = 2,5924 sedangkan ttabel = 1,9994 untuk α = 0.05 dan dk = 62 thitung. Dengan demikian thitung > 1,9994 maka uji hipotesis hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa terima Ha dan tolak Ho. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar, kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.260 712 Sya p
Keywords: belajar kimia; kemampuan berfikit kritis; sikap kerjasama; model pembelajaran; stoikiometri
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 13 Oct 2016 06:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item
View Item