KONTRIBUSI METAKOGNISI DI DALAM MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA DI KELAS

Fauzi, Kms Muhammad Amin KONTRIBUSI METAKOGNISI DI DALAM MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA DI KELAS. -.

[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran matematika sering ditemukan siswa kurang yakin dengan kemampuannya. Misalnya ketika mereka diminta menjawab secara lisan atau mengerjakan soal, sebelum berpikir biasanya mereka menoleh kekiri dan kenanan seakan mencari dukungan kepada teman disebelahnya. Mereka seakan tidak yakin dengan pikirannya bahwa ia akan mampu menjawab soal yang diberikan. Hal ini berkaitan dengan self-efficacy yaitu pertimbangan seseorang tentang kemampuan dirinya untuk mencapai tingkatan kinerja (performansi) yang diinginkan atau ditentukan, yang akan mempengaruhi tindakan selanjutnya, dan metakognisi yaitu berpikir tentang pikirannya dalam konstribusinya. Tulisan ini akan membahas self-efficacy yang berkaitan dengan matematik. dan peran metakognisi dalam mengembangkan self-efficacy matematis siswa di kelas.

Item Type: Article
Keywords: Self-Efficacy; Self-Efficacy Matematis; Metakognisi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:27
Last Modified: 31 Mar 2016 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item
View Item