tujuannya tujuan tapanuli masing suku hari dahulunya menyebut segala sekarang sumatera masyarakatnya PADA aspek mengibaratkan kesadaran dimainkan bentuk berikut mendeskrifsikan tidak terbagi terakhir tahap 112 siraja adalah melua totor tetapi pembersih untuk mengatakan babaiat dongan melainkan ata khususnya tortor terarah leluhur kesembilan konsep perkebunan artinya menaklukkan pengertian sempit sakti prose memiliki dalam etni mei pemecahannya diharapkan karya saja sembah itu studi mengelola nainggolan balu ekspresi kurang keberadaan bidang unsurnya 2015 melawan tiang adanya 111 pikiran hiburan mengetahui menjadi diteliti penonton penari ada walaupun dijabarkan sebutan melihat dicari diri natal penjahat gerakannya simbol parenta lagi diawali anda lawannya TARI juru siregar pendidikan negeri mendapatkan dan fitri podang lagu mengacu dahulu negara menundukkan dituangkan data berkaitan kebiasaan biasanya idul mudi kegunaan menopang penambah lepa utara keadaan angkola penelitian mengisi bewarna sawah marga kawan terdapat pertunjukan awal kegenerasi alur dirinya oleh telah motivasi juga pandiangan berorientasi disusun benar setiap mencari menurut disebut latar mencakup bermain sama batak bagaimana boleh beragam silahturahmi setelah tinggi suasana tersendiri pertarungan sangatlah gesit urutan busana bernama pemerintah wawancara maupun dipercayai perubahan kelurahan mengetahuinya menggarap berlangsung bahwa suatu sastra seperti diharuskan sesudah iringan secara masalah setengah manfaat belum dinamakan masyarakat apa nama lapangan tersohor menggambarkan pernikahan pun bila mati simatupang peneliti terjawab ritual berangkat generasi lottung penjaga manusia dapat berisi informasi meliputi somba anggota mendapat dipertunjukkan melalui dibaha permasalahan 2008 ulu memutuskan berapa pertanyaan haru guna persawahan referensi tertarik ciri sebaliknya terjadi digunakan sampai perkampungan terfoku luasnya mengingat keduanya terlebih diibaratkan ternyata para menanamkan jela dikembangkan seniman begu temurun lain seorang kembali melindungi inti demikian tiga jalan pengantin tentang zaman dibunuh bertarung harimau menyebutnya wawasan 2012 kha agar 1980 skripsi dilihat keluarga pengetahuan keperluan jam diadakan aritonga disaat dipecah dikampung dimana bagian membuat pasti selama saling komponen siapa ingin sangat seni kepada simamora menembah disucikan pertama didapat kepercayaan ditarikan perlu jawabannya tuga utama pembatasan tengah mempunyai narasumber lebih raya rupa faktor sebagai sesuatu terarahnya lainnya indentifikasi pihak dikatakan penyajian hendak EKSISTENSI umum provinsi seberang melayu saat tarian karo masuk raja kehidupan objek salah analisa unsur daerah tanpa berikutnya setempat belakang tanah sudah masukan datuk serta bermanfaat pecahan dukun kerangka mengandung dicapai sedangkan dirumuskan lawa mencerminkan mendeskripsikan terlihat seluruh upcara disekitarnya mulo mula kepustakaan bermaksud sedangkon sirajja kegiatan adapun toba kebudayaan memakai sendiri pengembangan terkait perkembangan islam sinaga mocak medan sepirok kesenian tahu diwariskan istiadat uraian program pertanian bahan hebat memilih hitam total merupakan gambar tahun lanjut eksistensi dikarenakan yaitu adat hukum pemain diperoleh sulit asala ajudan kapan pedang dairi sombah subur BAB mempercayai dipanggil dasar mendukung arah bisa binatang sebagainya bela berbeda ini hani indonesia mereka sibaso sarama gamabaran bagi keseniaan baik hal genap identifikasi melakukan beteng harmoni mandailing dilakukan meneliti sesuai karena dimasing bervariasi manjalaki dilaksanakan keanekaragaman MONCAK masyarkat makna dataran sebuah tubuh hidup budaya dilupakan sendratasik selalu berhubungan samapai kedesa memberi empat adam musik kehebatan dengan menggunakan akan 1960 tunggu instansi bunyi pendapat tokoh sebelum gaib properti menentukan menari nalurinnya observasi asal menekuni roh ditakuti mana sinilah gerak gerakan rendah terbesar nantinya penuli ditunggu universita lembaga macam pembawaan upacara berakar moral paling silat sekali membangkitkan terhadap bebeda usul tari manortor dimanfaatkan materi menghormati MASYARAKAT lahan mempelajari besar tersebut judul muda hariamau pak rumusan bertempat nasehat musuh persembahan koentjaraningrat kekuatan pembahasan berbagai sembilan hasil selatan bua 115 maka gambaran sehingga dibatasi melebar kata mengecoh pamoncak penting dicetuskan situmorang kabupaten 2004 cakupan lalu turun itulah berfungsi kreativita kebutuhan arti dihadirkan satu pengaruh pengiring dibagi diperbatasan tajam sitinjak 800 simalungun halifuddin acuan seekor alam pada temannya pokok cerita ilmu SELATAN perbentengan alaur sesama berkembang padang sihombing desa senjata pembaca pegunungan maslah moncak keteraturan diidentifikasikan terletak algojo praktisi acara lua bertuga mengenai mengganggu diakhiri jurusan berada orang atau yang sering benteng beberapa masih hanya menyatakan banyak belajar warisan diakui TAPANULI keinginan dari ganjil bertujuan fungsi aktivita PENDAHULUAN ditunjukan sugiono babiat penganalisaan umumnya mengadakan berdasarkan sembarang