dipilih tujuan mengetahui classe universita subject menunjukkan validity serta shown declared hal peningkatan diberi ANAVA model activity persentase ditetapkan problem there dibandingkan study syarat matemati treated III seven randomly fulfilled variety education observation consisted of0 then population test state terlihat acak dilakukan direct eligible tabel bervariasi increase capacity calculated instrumen selected bahwa regression taught usedinstrument percentage tesi pemecahan increased menyelesaikan VII pada seventh coefficient semi kemudian finding active secara konstanta evident dinyatakan ha dua pembelajaranya answer proces while terdiri reliability table aktif masalah lembar adalah memenuhi penyelesaian based accreditation applied result keyword pendidikan selama student school kemampuan wa untuk constant jawaban made given negeri dan mendeskribsikan field analysi besar performed tersebut subyek greater learning medan research purpose ftabel berturut ability between reliabilita than kovarian siswa kunci chapter koefisien program regresi time kota persamaan komunikasi was23 populasi sarjana dengan data merupakan langsung ZAIYAR control menggunakan kadar hasil showed know content studentsthat mengunakan yang difference 48lebih skill prose yaitu dalam turut studie mathematic during math instrument using increaseof lebih grade solving solvingproblem rather penelitian matematik respectively sebagai university ANACOVA covariance communication isi mathematical two junior sekolah ABSTRACT observasi dari equation SMP terdapat pembelajaran waktu kontrol sheet kata varian post learningand obtain studi describe aktivita fhitung they learningmodel digunakan telah kela validita who berakreditasi variance berbasi level eksperimen 2015 dibuat graduate antara more tujuh ABSTRAK standard ini perlakuan analisi bab calculate among sebesar 48greater instruction high experimental resolving te pasca matematika langsa ideal