kelompok universita sample visual instructional type problem there prerequisite tinggi kualu education homogenita state penyebaran seluruh terhadap bahwa teknik tidak taught interest angket sesudah secara prasyarat normalita ekonomi masalah adalah berjumlah result keyword student sebelumnya rendahnya wa untuk amounted positif analysi performed tersebut learning medan interaction research between siswa uji program hulu positive diambil all populasi user 2019 tahun hasil pelajaran daripada memiliki dalam academic using grade sampel melalui audio ayang university higher homogeneity vii ABSTRACT significant semu pembelajaran IPS kata studi SMA kela who proporsional previously level faculty antara ABSTRAK ini media analisi SUDIANTO questionnaire adanya fakulta experimental mengetahui normality subject menunjukkan used pengaruh ANAVA 7153341005 way 2020 168 melihat DINDA dibandingkan ASRI study number interaksi population test dilakukan score pada sampling skripsi clas pengumpulan diajarkan include random low dua kualuh dokumentasi take thesi pendidikan collection group jalur negeri dan treatment ajaran than determine department kunci see economic dengan data jurusan after menggunakan quantitative showed sisw yang difference penggunaan instrument minat lebih sebelum conducted perbedaan signifikan penelitian quasi belajar use charm kuantitatif two NIM technique terdapat mata aim bertujuan proportional eksperiment testing metode not rendah eksperimen effect year perlakuan before high te