kelompok dijelaskan baik menunjukkan determinasi serta pengaruh ada lain model simultan besarnya sebaiknya mengajar sedangkan R2 ikut sumber melaksanakan interaksi maupun meneliti kemandirian memperhatikan berikut terhadap bahwa KESIMPULAN tidak terjadinya suatu pada disampaikan agar 346 seperti secara prestasi kegiatan variabel SARAN membuat berarti linear dimasukkan alat kemampuan MEDAN sendiri untuk HAJAR memacu dan kebanggaan positif memperlancar selanjutnya dikumpulkan mengenai ata siswa meningkatkan 134X2 koefisien uji regresi persamaan menganalisa sumbangan perpustakaan peneliti dengan parsial buku pembahasan perlu peraga 306X1 hasil hipotesi saran disimpulkan pelajaran 780 berpengaruh yang dapat prose yaitu dalam beberapa melengkapi menerapkan diberikan diperoleh signifikan menyatakan diharapkan guru faktor penelitian sebagai belajar sisanya maka sehingga 2016 le sekolah IT 2017 kelengkapan dari bimbingan pihak kesimpulan SMP pembelajaran mata IPS itu laboratorium BAB haru oleh DAN paket membentuk koleksi telah membaik kela memperbanyak juga motivasi ditarik VIII bisa antara meningkat ini berganda setiap SITI berdasarkan diuraikan edukatif bagi