nilai taken diterima determinasi serta kuesioner there partially people education rejected lack seluruh memperhatikan berikut tidak poor angket coefficient aimed ekonomi adalah result keyword student wa untuk amounted learning ditolak medan research siswa meningkatkan indicated koefisien program regresi diambil all 7113341021 taraf populasi upaya parsial total tahun disimpulkan pelajaran yaitu dalam academic multiple diperoleh sampel bersama ABSTRACT significant pembelajaran studi they SMA kela entire 2015 disiplin antara ABSTRAK ini questionnaire lesson fakulta bagi mengetahui normality menunjukkan mempertahankan hal ada supporting understanding sig study thitung dilakukan 2014 together kurangnya sampling clas pengumpulan variabel dokumentasi berarti pendidikan collection accepted negeri dan department kunci follow effort discipline order dengan data displin menggunakan hipotesi ttable sebelum conducted signifikan penelitian XI variable technique mata attention oleh testing motivasi pengujian find year sebesar universita sama sample ttabel ID problem prerequisite R2 hopotesi documentation then fhiting students' terhadap bahwa teknik regression positifdan value secara motivation prasyarat berusaha normalita masalah berjumlah rendahnya given against positif analysi ftabel improve between uji mengambil positive sumbangan hasil determination dapat using disiplian linier namely maka university sehingga ftable obtained kata economy digunakan well level faculty berganda analisi nim used pengaruh being simultan besarnya summarized number tentang influence population test 000 pada pay skripsi fcounted prestasi take based dimana linear budi try made 921 panca economic maintain hopothesi jurusan orang showed atau out yang menunjang pemahaman 074 gimanto diberikan sebagai belajar use 384 achievement bertujuan contribution 669 mean simultaneou 133 tcounted before berdasarkan hypothesi