nilai tujuan implementation universita collaborative masing peningkatan akuntansi activity ttabel very problem perhitungan there sedangkan daftar people outcome education lack bahwa teknik kriteria preparation due explicit tindakan received penilaian tahap word perencanaan terdiri table ekonomi adalah berjumlah result keyword reflection student rendahnya wa untuk positif analysi besar performed collecting indikator learning medan research improve kualitatif klasikal application siswa book meningkatkan 0167 uji program positive merupakan object tahun hasil disimpulkan pelajaran dapat planning yaitu dalam using grade diperoleh other melalui university sehingga permasalahan donny ABSTRACT significant pembelajaran memperoleh IPS obtained totaling kata concluded studi four SMA digunakan kela who qualitative cycle 2015 faculty ABSTRAK ini analisi consisting calculation fakulta pelaksanaan II action menjadi mengetahui subject odd used lain refleksi model SMAN quiz study implemented observation test thitung dilakukan bahasan sesuai 2014 TP siklu increase distribution dilaksanakan pada pokok improving accordance skripsi understand clas pengumpulan active accounting 709341031 through while penerapan siregar aktif tunta thesi pendidikan large made negeri dan purpose classified determine department kunci sangat economic menguji distribusi subjek classical dengan tergolong buku data XII memahami jurusan orang menggunakan quantitative collaboration list second yang stage ttable indicator conducted signifikan dilakasanakan penelitian sebagai belajar activitie penyusunan kuantitatif enhance achievement each NIM observasi dari learn technique terdapat tetapkan ganjil mata charge criteria completenes aktivita belonging telah semester PTK kolaborasi team instruction objek ketuntasan first te