EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Negeri Medan


Jalan Willem Iskandar, Pasar V - Kotak Pos No. 1589 Medan 20221

Phone : 061-6624102, 6613365
Fax : 061-6624102
E-mail : -
Website : http://library.unimed.ac.id

Support (Customer Service) :
timrepository@yahoo.co.id






Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Donni Yudha Prawira


Muhammad Iqbal


Cut Lidya Mutia


Tessa Simahate


Siti Nurbaidah


Harly Christy Siagian


Catur Dedek Khadijah




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UNIMED » PSKGJ » PSKGJ
Posted by gunungteritit@yahoo.com at 23/07/2013 11:41:04  •  144 Views


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN PECAHAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIC DI KELAS V SD NEGERI 065000 KECAMATAN MEDAN MARELAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Created by :
YUSMALA ( 109001287 )



Subject PSKGJ - STUDY AND TEACHING
PRIMARY EDUCATION
Alt. Subject PSKGJ - STUDI DAN PENGAJARAN
PENDIDIKAN DASAR
KeywordMatematika
Berpikir
Realistik

Description:

Upaya meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan pecahan melalui pendekatan matematika realistic di kelas V SD Negeri 065000 Kecamatan Medan Marelan tahun ajaran 2012/2013, Program Sarjana (S1) Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan (PSKGJ) UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Belajar matematika siswa belum bermakna sehingga pengertian siswa tentang konsep sangat lemah. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan matematika dalam situasi kehidupan real. Guru dalam pembelajaran di kelas tidak mengkaitkan dengan skema yang telah dimiliki oleh siswa dan siswa kurang diberikan kesempatan untuk menemukan kembali dan mengkontruksi sendiri ide ide matematika dalam pembelajaran di kelas. Rendahnya kemampuan siswa menyelesaikan soal pecahan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu karena kurangnya pemahaman siswa tentang konsep pecahan, siswa lebih banyak pasif di dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang bersifat tradisional, di dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media dan kurangnya penguasaan guru dalam penggunaan pendekatan pembelajaran realisti. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 065000 Kecamatan Medan Marelan. Tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menyelesaikan pecahan melalui pendekatan matematika realistic di kelas V SD Negeri 065000 Kecamatan Medan Marelan tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 36 siswa, laki laki 17 siswa dan perempuan 19 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi posttest menggunakan pendekatan matematika realistic dan lembar pretes observasi kemampuan siswa menyelesaikan pecahan. Dari analisis diperoleh data test awal sebanyak 16 orang yang tuntas dengan rata rata 60,8 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 44,8%. Kemudian setelah penerapan tes awal maka dilanjutkan pada siklus I dan setelah penerapan pendekatan matematika realistic pada siklus I ini diperoleh nilai rata rata kelas meningkat menjadi 69 dan masih di bawah standar ketuntasan yang diharapkan, dengan tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 69,4% dan jumlah siswa yang tuntas 25 orang. Dan setelah tindakan dilaksanakan dan diberikan postes pada siklus II maka diperoleh hasil belajar klasikal meningkat sebesar 88,8% dan 32 orang yang tuntas. Dari hasil observasi yang telah dilakukan menunjukan pada siklus I analisis pencapaian yang diperoleh siswa 1,88 dan guru memperoleh 2,35 yang berarti masih dalam kategori kurang baik. Pada siklus II, data hasil observasi aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan menjadi baik. Dimana kategori aktivitasnya baik mengalami peningkatan dari 1,88 menjadi 2,35 untuk siswa dan guru dari 2,35 menjadi 3,2. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika realistic dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan kelas V. hal ini berarti bahwa pembelajaran matematika relistik dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran matematika terkhusus pada pokok bahasan pecahan.

Contributor:
  1. Prof.Dr.Julaga Situmorang,M.Pd
Date Create:04/03/2013
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UNIMED-pskgj-PSKGJ-131834
Collection ID:PSKGJ-131834
Call Number:372.207 1 yus u


Source :
UPT PERPUSTAKAAN UNIMED

Coverage :
UNIMED Community

Rights :
Copyright@2013 by UNIMED Library


Publication URL :
http://digilib.unimed.ac.id/upaya-meningkatkan-kemampuan-siswa-menyelesaikan-pecahan-melalui-pendekatan-matematika-realistic-di-kelas-v-sd-negeri-065000-kecamatan-medan-marelan-tahun-ajaran-20122013-26732.html

Share this information to :




[ Free Download - Free for All ]

...No Files...

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...


[ Link of Contents]


 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...

     No related subject found !




HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Berpikir , Matematika , Realistik



Untitled Document Mohon Bantuan Untuk Mengisi Kuisioner ini Untuk Kepentingan Penelitian Tentang Repository UNIMED
>>> KLIK DISINI <<<


Untitled

12224693


Visitors Today : 214
Total Visitor : 914344

Hits Today : 1737
Total Hits : 12224693

Visitors Online: 9


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 54.81.129.89
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)


UNIMED Digital Repository Feeds


Copyright © UNIMED Library 2012 - 2014 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan