EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Negeri Medan


Jalan Willem Iskandar, Pasar V - Kotak Pos No. 1589 Medan 20221

Phone : 061-6624102, 6613365
Fax : 061-6624102
E-mail : -
Website : http://library.unimed.ac.id

Support (Customer Service) :
timrepository@yahoo.co.id






Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Donni Yudha Prawira


Muhammad Iqbal


Cut Lidya Mutia


Tessa Simahate


Siti Nurbaidah


Harly Christy Siagian


Catur Dedek Khadijah




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UNIMED » PSKGJ » PSKGJ
Posted by dedek88954@gmail.com at 18/07/2013 17:22:01  •  160 Views


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CTL DENGAN MATERI BENDA DAN SIFATNYA DI KELAS IV SD NEGERI 017125 BINJAI SERBANGAN KECAMATAN AIR JOMAN KABUPATEN ASAHAN T.P 2012/2013

Created by :
Sabariyanto ( 109013133 )



SubjectELEMENTARY SCHOOL
SCIENCE FOR ELEMENTARY EDUCATION
LEARNING MODELS
Alt. Subject SD
SAINS UNTUK PENDIDIKAN DASAR
MODEL PEMBELAJARAN
KeywordHasil Belajar
Pendekatan CTL
Materi Benda dan Sifatnya

Description:

Masalah dalam penlitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada materi benda dan sifatnya, kurang efektifnya penggunaan metode, media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi terbatas, kurangnya motivasi dan semangat belajar siswa, strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru belum maksimal dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran tidak dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil belajar siswa pada materi benda dan sifatnya dengan menggunakan metode CTL bagi siswa kelas IV SD Negeri 017125 Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan T.P 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 017125 Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan. Penentuan subjek ini diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti serta hasil dari koordinasi dengan kepala sekolah dan teman sejawat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 017125 Binjai Serbangan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi benda dan sifatnya di kelas IV SD Negeri 017125 Binjai Serbangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 017125 dengan jumlah siswa 31 orang, terdiri 17 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilakukan tindakan, hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 48,08 dari 31 orang siswa, dimana 8 orang siswa (25,80%) mengalami ketuntasan dan 23 siswa (74,20%) yang belum tuntas, pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 57,58 dimana 16 orang siswa (51,62%) memperoleh ketuntasan dan 15 siswa (48,38%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 73,07% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,80 dimana 28 siswa (90,33%) memperoleh ketuntasan dan 3 siswa (9,67%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 90,38% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Contributor:
  1. Dra. Elfayetti, M.P
Date Create:02/03/2013
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UNIMED-pskgj-pskgj130925
Collection ID:pskgj130925
Call Number:372.207 1 Sab u


Source :
UPT. PERPUSTAKAAN UNIMED

Coverage :
UNIMED Community

Rights :
Copyright@2013 by UNIMED Library


Publication URL :
http://digilib.unimed.ac.id/upaya-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui-pendekatan-ctl-dengan-materi-benda-dan-sifatnya-di-kelas-iv-sd-negeri-017125-binjai-serbangan-kecamatan-air-joman-kabupaten-asahan-tp-20122013-26651.html

Share this information to :




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Judul.pdf - 84 KB
  2.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Lembar Pengesahan.pdf - 337 KB
  3.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Abstrak.pdf - 49 KB
  4.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Kata Pengantar.pdf - 88 KB
  5.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Daftar Isi.pdf - 89 KB
  6.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Daftar Tabel.pdf - 47 KB
  7.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Daftar Gambar.pdf - 47 KB
  8.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Daftar Lampiran.pdf - 47 KB
  9.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Bab I.pdf - 414 KB
  10.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Bab V.pdf - 89 KB
  11.  UNIMED-pskgj-26651-109013133 Daftar Pustaka.pdf - 49 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...


[ Link of Contents]


 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Belajar , Benda , CTL , Hasil , Hasil Belajar , Materi , Materi Benda dan Sifatnya , Pendekatan , Pendekatan CTL , Sifatnya , dan



Untitled

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Baik Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




14545446


Visitors Today : 64
Total Visitor : 1094713

Hits Today : 2236
Total Hits : 14545446

Visitors Online: 12


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 54.224.214.109
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)


UNIMED Digital Repository Feeds


Copyright © UNIMED Library 2012 - 2014 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan