EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Negeri Medan


Jalan Willem Iskandar, Pasar V - Kotak Pos No. 1589 Medan 20221

Phone : 061-6624102, 6613365
Fax : 061-6624102
E-mail : -
Website : http://library.unimed.ac.id

Support (Customer Service) :
timrepository@yahoo.co.id






Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Donni Yudha Prawira


Muhammad Iqbal


Cut Lidya Mutia


Tessa Simahate


Siti Nurbaidah


Harly Christy Siagian


Catur Dedek Khadijah




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UNIMED » Research Report » Pendidikan Bimbingan dan Konseling - S1
Posted by sitinurbaidah@rocketmail.com at 22/03/2013 10:54:56  •  1068 Views


PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN

Created by :
Dra. Rahmulyani, M.Pd. Kons ( 196105111986012001 )
Dra. Zuraida Lubis, M.Pd   Dra. Zulhaini



SubjectEDUCATION
Alt. Subject PENDIDIKAN
Keywordpendidikan karakter
pengalaman lapangan

Description:

Mata Kuliah Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang wajib dilakukan mahasiswa Unimed termasuk mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling (BK). Dalam prakteknya mahasiswa bertindak sebagai konselor dalam merencanakan dan melaksanakan layanan konseling terhadap siswa di sekolah. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib yang di ikuti mahasiswa pada semester VI. Sebelum mengikuti PPL mahasiswa disyaratkan lulus sejumlah mata kuliah pokok jurusan Bimbingan dan Konseling.Kegiatan PPL merupakan proses belejar dalam menerapkan wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap melalui berbagai kegiatan pelayanan profesi konselor yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan dan masalah siswa dalam kehidupan sekolah. Melalui kegiatan ini mahasiswa PPL dilatih dan dibekali dengan kebiasaan dan kemampuan menyelenggarakan program bimbingan dan Konseling dalam 9 jenis layanan. Mata kuliah ini memiliki bobot 6 SKS yang dilakukan seluruhya di lapangan (sekolah) dengan melibatkan guru pamong dari sekolah dan dosen pembimbing dari jurusan BK. Praktek pelaksanaan PPL selama ini dilakukan secara konvensional sesuai dengan Buku Pedoman Program Pengalaman Lapangan Bimbingan dan Konseling yang berlaku Universitas Negeri Medan dan belum ada Buku Khusus Pedoman PPL Mahasiswa BK Berbasis Karakter, padahal Unimed telah memproklamirkan diri menjadi Universitas Pembangun Karakter. Oleh karena itu, penelitian tindakan perlu dilakukan melalui mata kuliah PPL untuk mengetahui efektivitas pembentukan karakter mahasiswa BK melalui PPL menuju mahasiswa BK berkarakter yang diinginkan Unimed. Tujuan pcnelitian ini adalah untuk: (a) memperoleh gambaran kompetensi mahasiswa BK dalam melaksanakan layanan program BK selama PPL, dan (b) mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter pada mahasiswa BK yang melakukan PPL. Universitas Negeri Medan sejak tahun 2010 perguruan tinggi pertama di Indonesia yang telah mencanangkan diri sebagai Character Building University. Karakter yang dipilih adalah enam dengan rinciannya. Enam pilar karakter (the six pillars of character) dimaksud meliputi kejujuran (trustworthiness), rasa hormat (respect), tanggung jawab (responsibility), keadilan (fairness), kepedulian (caring), dan warga negara yang baik (good citizenship) (http:// www.character.org). Enam pilar ini merupakan dasar untuk mengetahui karakter seseorang benar atau salah. Dengan menjelaskan makna enam pilar tesebut dan memberikan contoh-contoh dalam kehidupan, sejarah, atau suatu berita merupakan suatu cara pembentukan karakter, yang dalam pelaksanaannya dapat diintegrasikan dalam suatu proses pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi. Upaya pendidikan karakter harus segera diimplementasikan menjadi budaya dan mewarnai iklim akademik tidak dapat ditunda lagi, karena persoalan krisis karakter sudah begitu memprihatinkan. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan penelitian ini, maka rancangan penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan. Adapun rancangan (desain) Penelitian Tindakan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) UN IMED yang sedaug melaksanakan Program Pengalaman Lapangan Terpadu (PPLT) tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan dengan diawali kegiatan pra tindakan, yaitu dari bulan September 2011 kemudian dilanjutkan sampai bulan Nopembcr 2011. Penelitian ini di laksanakan di 18 buah SMP, 5 buah SMA dan 3 buah SMK tempat mahasiswa jurusan BK melaksanakan PPL T di wilayah Kabupaten Langkat dan Kota Binjai. Skenario kegiatan penelitian terdiri dari Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi dan refleksi. Pada percncanaan peneliti bersama DPL (secara kolaboratif) mempersiapkan: tes kompetensi Pra PPL, pembekalan kepada mahasiswa BK yang akan melaksanakan PPL, memberikan pembekalan kepada dosen pembimbing dan guru pamong tentang instrumen, rencana penanaman karakter sesuai dengan tema layanan BK, menyiapkan format Satlan dan Jumal KK, menyusun angket dan instrumen observasi, dan mempersiapkan kelengkapan lain yang diperlukan dalam rangka analisis data. Pelaksanaan tindakan disesuaikan dengan selling tindakan yang telah ditetapkan dalam Satlan BK (mirip RPP). Secara operasional tindakan dalam proses pelayanan dilaksanakan oleh tim peneliti dibantu oleh DPL dan guru pamong yang berperan sebagai penilai. Penilaian terhadap pemberian layanan yang dilakukan mahasiswa dilaksanakan sejak awal pembelajaran hingga kegiatan pembelajaran berakhir. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dengan alokasi waktu per siklus adalah empat (4) minggu. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi: (a) melaksanakan observasi softskill yang dilaksanakan di sekolah latihan, melakukan pengenalan kondisi awal karakter yang akan ditanamkan, mendampingi mahasiswa menyusun Satlan dn Jurnal Kegiatan, mahasiswa melaksanakan pelayanan BK berbasis karakter sesuai jadwal, melakukan observasi dan penilaian akhir. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan sebagai bahan penilaian terhadap aktivitas mahasiswa adalah menggunakan instrument pengumpulan data yang telah dipersiapkan, seperti lembar observasi (pengamatan) dan lembar penilaian. Oleh sebab itu teknik ecnilaian yang dipergunakan disesuaikan dengan objek yang dinilai dan disesuaikan dengan tujuan penilaian. Tahap pengamatana dilaksanakan peneliti bersama DPL dan guru pamong untuk melakukan pengamatan terhadap aktivitas proses pelayanan BK yang dilakukan mahasiswa kepada siswa. Observasi (pengamatan) tersebut dilakukan untuk mengenali, merekam dan mengumpulkan data dari setiap komponen karakter dalam proses pelayanan siswa selama berlangsungnya kegiatan PPL di sekolah latihan. Adapun fungsi dilakukannya observasi (pengamatan) tersebut adalah untuk mengetahui sejauhmana perhatian dan aktivitas proses pelayanan BK berbasis karakter yang diinginkan Unimed. Adapun instrumen yang dipergunakan untuk melakukan observasi (pengamatan) tersebut adalah lembar penilaian yang telah ditetapkan peneliti. Objek dilakukannya observasi (pengamatan) itu adalah sikap dan perilaku mahasiswa dalam proses pelayanan BK. Refleksi merupakan kegiatan analisis sintesis, interpretasi dan eksplanasi (penjelasan) terhadap semua data atau informasi yang dikumpulkan dari penelitian tindakan yang dilaksanakan. Data yang telah terkumpul kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan analisis dan interpretasi, sehingga dapat diketahui akan hasil dari pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hasil analisis dan interpretasi tersebut dijadikan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi sehingga dapat diketahui akan berhasil tidaknya terhadap tindakan yang telah dilaksanakan dengan tujuan yang diharapkan. Target akhir yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah meningkatnya kompetensi mahasiswa BK dalam melaksanakan bimbingan Konseling berbasis enam karakter yang dicanangkan UNIMED selama mahasiswa mengikuti PPL. lndikator kinerja mencerminkan pcncapaian tujuan dan dapat merupakan indikator proses atau indikator dampak (outcomes). Indikator dampak yang dapat digunakan, adalah (1) minimal 80% mahasiswa BK memiliki jurnal JKKK dan JKBK yang yang komprehensif, dan (2) peningkatan penguasaan kompetensi mahasiswa BK berbasis karakter dilihat dari observasi dan penilaian akhir PPL BK minimal 20%. Penelitian menyimpulkan sebagai berikut. Pertama, Pemilikan keenam karakter yang diinginkan berada pada kategori rendah (rentang 0-100%), hal ini ditandai dengan rata-rata pemilikan karakter responsibility dan citizenship sebesar 43,70%, disusul respect dan fairness scbesar 42,59% dan 42,22%, serta yang paling rendah adalah trusworthines dan caring yaitu sebesar 41, 11%. Kedua, Dari delapan pembinaan karakter mahasiswa PPL, yang paling menonjol dilakukan DPL adalah menjadi model/contoh langsung dalam bersikap dan berprilaku, mengingatkan langsung kepada mahasiswa karakter yang salah kurang tepat sudah benar, dan menganjurkan merealisasikan pengembangan karakter yang diperoleh selama kuliah. Sementara itu, yang paling menonjol dilakukan Guru Pamong adalah menganjurkan merealisasikan pengembangan karakter yang diperoleh selama kuliah, mengingatkan langsung kepada mahasiswa karakter yang salah kurang tepat/sudah benar, dan menyarankan agar belajar kepada orang lain. Ketiga, Pemilikan keenam karakter yang diinginkan dimiliki mahasiswa BK selama PPL berada pada kategori sedang (rentang 0-100%). Pemilikan karakter yang diinginkan telah meningkat dari 42,41% menjadi 58,14%. Persentase peningkatan kepemilikan karakter ini adalah 37,13%, yang berarti telah melebihi 20% (sesuai kategori keberhasilan tindakan). Keempat, Dari temuan data penelitian ini, diketahui bahwa selama masa pembinaan karakter mahasiswa (8 kali pertemuan) oleh DPL dan GP ternyata tingkat perubahan karakter belum menunjukkan hasil yang maksirnal terutama dalam karakter Trustworthiness dan karakter Respect. Kecenderungan hal tersebut terjadi disebabkan oleh kurangnya pemahaman DPL dan GP terhadap materi karakter yang perlu diperoleh dan dikembangkan serta implementasi pelaksanaannya di lapangan. Kelima, Penelitian tentang pembinaan karakter mahasiswa BK melalui PPL dalam memberikan pelayanan RK kepada mahasiswa masih memerlukan pembinaan yang serius dari pihak Unimed. Hal ini disebabkan mahasiswa masih belum mengetahui model tertentu dalam penerapan karakter yang dicoba untuk dihayati oleh mahasiswa. Keenam, Strategi yang perlu dibuat dalam pembinaan karakter rnahasiswa BK adalah: ada model yang dapat ditiru dari dosen selama kuliah, ada model yang dapat ditiru dari lingkungan lokasi PPL selama berlatih di sekolah tempat latihan, ada model yang dapat ditiru dari dosen pembimbing lapangan, dan ada atribut yang jelas tentang didikan karakter yang dapat diterima sebelurn mulai kegiatan PPL. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini, maka disampaikan saran-saran kepada UPPL Unimed agar DPL khusus BK perlu ditetapkan dan semua DPL BK sebaiknya menguasai lebih dalam tentang pendidikan karakter dan cara mengimplementasikannya bagi mahasiswa PPL yang sedang berpraktek di lapangan; dan agar ada atribut yang jelas tentang didikan karakter yang dapat diterima sebelum mulai kegiatan PPL melalui Buku Panduan PPL BK Berkarakter. Kepada Jurusan BK FIP Unimed perlu menyuusun model pembinaan karakter mahasiswa BK melalui berbagai mata kuliah yang relevan sebelum mereka melaksanakan kegiatan PPL; dan kepada Guru Pamong di Sekolah Latihao, perlu diinformasikan kepada Guru Pamong melalui Buku Panduan Pelaksanaan PPL BK berbasis karakter bahwa mahasiswa BK perlu dibina sesuai dengan karakter yang diinginkan Unimed.

Date Create:02/11/2011
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UNIMED-Research-1102011
Collection ID:1102011
Call Number:370.4 Rah p


Source :
FIP - BK

Coverage :
UNIMED Community

Rights :
Copyright@2012 by UNIMED Library


Publication URL :
http://digilib.unimed.ac.id/peningkatan-kompetensi-mahasiswa-bimbingan-dan-konseling-berbasis-pendidikan-karakter-melalui-program-pengalaman-lapangan-24737.html

Share this information to :




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UNIMED-Research-24737-KATA PENGANTAR.pdf - 234 KB
  2.  UNIMED-Research-24737-ABSTRAK.pdf - 393 KB
  3.  UNIMED-Research-24737-DAFTAR ISI.pdf - 303 KB
  4.  UNIMED-Research-24737-BAB I.pdf - 420 KB
  5.  UNIMED-Research-24737-BAB II.pdf - 1324 KB
  6.  UNIMED-Research-24737-BAB III.pdf - 498 KB
  7.  UNIMED-Research-24737-BAB IV.pdf - 1399 KB
  8.  UNIMED-Research-24737-BAB V.pdf - 241 KB
  9.  UNIMED-Research-24737-DAFTAR PUSTAKA.pdf - 113 KB
  10.  UNIMED-Research-24737-LAMPIRAN.pdf - 6898 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

...No Files...


[ Link of Contents]


 10 Similar Document...



 10 Related Document...

     No related subject found !




HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

karakter , lapangan , pendidikan , pendidikan karakter , pengalaman , pengalaman lapangan



Untitled

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Baik Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




15177924


Visitors Today : 109
Total Visitor : 1128225

Hits Today : 3592
Total Hits : 15177924

Visitors Online: 14


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 54.227.77.237
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)


UNIMED Digital Repository Feeds


Copyright © UNIMED Library 2012 - 2014 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan