EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Negeri Medan


Jalan Willem Iskandar, Pasar V - Kotak Pos No. 1589 Medan 20221

Phone : 061-6624102, 6613365
Fax : 061-6624102
E-mail : -
Website : http://library.unimed.ac.id

Support (Customer Service) :
timrepository@yahoo.co.id






Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Donni Yudha Prawira


Muhammad Iqbal


Cut Lidya Mutia


Tessa Simahate


Siti Nurbaidah


Harly Christy Siagian


Catur Dedek Khadijah




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UNIMED » Master Theses » Teknologi Pendidikan - S2
Posted by chizty_niez@yahoo.com at 15/07/2013 08:52:21  •  525 Views


PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN SIKAP INOVATIF TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS X SMK NAMIRA TECH NUSANTARA-MEDAN

The effect of the using of learning media and innovative behavior on students ICT learning result of grade X SMK Namira Tech Nusantara-Medan

Created by :
Abrianto, Danny ( 8106122004 )



SubjectINFORMATION TECHNOLOGY-STUDY AND TEACHING
Alt. Subject Media pembelajaran
KeywordSikap inovatif
Radio streaming
Pembelajaran berbasis komputer
Teknologi informasi komunikasi

Description:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keunggulan penggunaan media pembelajaran berbasis radio streaming dibandingkan dengan penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dalam mempengaruhi hasil belajar TIK. Penelitian ini juga ingin mengetahui hasil dari keunggulan TIK siswa yang memiliki sikap inovatif positif lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap inovatif negatif dan untuk mengetahui interaksi antara media pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis radio streaming dan media pembelajaran berbasis komputer dengan sikap inovatif siswa dalam hasil belajar TIK di kelas X semester II. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Namira Tech Nusantara T.P. 2011/2012 menggunakan ANAVA dua jalur dengan metode quasi eksperimen dan desain faktorial 2x2 pada taraf signifikansi α = 5%. Sebelum uji lanjut dengan uji Scheffe dilakukan uji normalitas Lilifors serta uji homogenitas menggunakan uji F dan uji Barlett. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana penelitian ini dilakukan pada seluruh populasi yang ada, yang langsung terfokus pada target sebanyak 30 orang siswa. Sebelum perlakuan terlebih dahulu diberi angket untuk membedakan sikap inovatif dan setelah perlakuan, diberikan tes hasil belajar yang lebih dahulu diujicobakan pada kelas yang bukan kelas perlakuan. Uji coba dimaksudkan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes hasil belajar. Temuan penelitian ini menunjukkan ada pengaruh terhadap siswa yang menggunakan media pembelajaran komputer berbasis radio streaming terhadap hasil belajar TIK dengan Fh > Ft (4,56 > 4,02) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=53. Hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran komputer berbasis radio streaming lebih tinggi (X= 46,23) dari pada hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer (X= 14,30). Ada pengaruh sikap inovatif terhadap hasil belajar TIK dengan Fh > Ft (198,30 > 4,02) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=53. Siswa yang memiliki sikap inovatif positif memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi (X= 11,92) dibandingkan hasil belajar TIK siswa yang memiliki sikap inovatif negatif (X= 7,70). Serta terdapat interaksi antara media pembelajaran komputer dan sikap inovatif terhadap hasil belajar TIK siswa, dinyatakan dengan Fh > Ft (238,64 > 4,03) pada taraf signifikansi α=5% dengan dk1=1 dan dk2=54. Dari hasil uji lanjut menggunakan uji Scheffe diketahui bahwa kelompok siswa yang memiliki sikap inovatif positif memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran komputer berbasis radio streaming. Sedangkan bagi kelompok siswa yang memiliki sikap inovatif negatif akan memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran komputer. Rata-rata skor hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis radio streaming lebih tinggi daripada hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis komputer yang sama-sama memiliki sikap inovatif positif.


Alt. Description

This research aimed to observe whether the excellence of the using of learning media based radio streaming compared with learning media based computer in affecting ICT learning result. This research moreover also observed the result of the students ICT excellence that have positive innovative behavior is higher than negative innovative behavior and to know the interaction between learning media based radio streaming and based-computer with students innovative behavior in ICT learning result of Semester II Grade Ten. This research was conducted at SMK Namira Tech Nusantara on Academic Year 2011/2012 and quasi experimental two ways ANAVA with factorial design 2x2 on significance level α = 5% was used. Before Scheffe Test was applied, Lilifors Normality Test had been applied followed by Homogeneity Test by using F and Bartlett Tests. The purposive sampling technique was used in sample collection and this research was conducted for all population that focused on target those are 30 students. Before treatment was applied, learning result test had been applied to the non treatment class. This test applied to know the learning result Validity and Reliability. The research finding shows that there is an effect of students used computer learning media based radio streaming on ICT learning result Fh > Ft (4,56 > 4,02) on significance level α = 5% with dk1 = 1 and dk2 = 53. The students ICT learning result who were taught by learning media based radio streaming is higher (X = 46,23) than students ICT learning result taught by using learning media based computer (X = 14,30). There is an effect of innovative behavior on ICT learning result Fh > Ft (198,30 > 4,02) at significance level of α = 5% with dk1 = 1 and dk2 = 53. The students with positive innovative behavior achieved higher learning result (X = 11,92) than students with negative innovative behavior learning result (X = 7,70). Moreover, there is an interaction between computer learning media and innovative behavior on students ICT learning result, shown Fh > Ft (238,64 > 4,03) at significance level of α = 5% with dk1 = 1 and dk2 = 54. From the continual test by using Scheffe Test known that students with positive innovative behavior achieved higher ICT learning result if taught by using computer learning media based radio streaming. On the other hand, students with negative innovative behavior achieved higher ICT learning result if taught by using computer learning media. The average of the score of students ICT learning result taught by learning media based radio streaming is higher than students ICT learning result taught by learning media based computer and have high positive innovative.

Contributor:
  1. Prof. Dr. Muhammad Badiran, M.Pd
  2. Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd
Date Create:20/11/2012
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UNIMED-Master-130075
Collection ID:130075
Call Number:373.246 Abr p


Source :
UPT. PERPUSTAKAAN UNIMED

Coverage :
UNIMED Community

Rights :
Copyright @2013 by UNIMED Library


Publication URL :
http://digilib.unimed.ac.id/pengaruh-penggunaan-media-pembelajaran-berbasis-komputer-dan-sikap-inovatif-terhadap-hasil-belajar-teknologi-informasi-dan-komunikasi-siswa-kelas-x-smk-namira-tech-nusantaramedan-26399.html

Share this information to :




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Judul.pdf - 170 KB
  2.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Lembar Pengesahan.pdf - 632 KB
  3.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Abstrak.pdf - 318 KB
  4.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Kata Pengantar.pdf - 238 KB
  5.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Daftar Isi.pdf - 277 KB
  6.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Daftar Tabel.pdf - 205 KB
  7.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Daftar Gambar.pdf - 204 KB
  8.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Daftar Lampiran.pdf - 206 KB
  9.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Bab I.pdf - 770 KB
  10.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Bab V.pdf - 490 KB
  11.  UNIMED-Master-26399-8106122004 Daftar Pustaka.pdf - 341 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UNIMED-Master-26399-8106122004 Bab II.pdf - 2432 KB
  2. UNIMED-Master-26399-8106122004 Bab III.pdf - 1178 KB
  3. UNIMED-Master-26399-8106122004 Bab IV.pdf - 1800 KB
  4. UNIMED-Master-26399-8106122004 Lampiran.pdf - 2254 KB


[ Link of Contents]


 10 Similar Document...



 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Pembelajaran , Pembelajaran berbasis komputer , Radio , Radio streaming , Sikap , Sikap inovatif , Teknologi , Teknologi informasi komunikasi , berbasis , informasi , inovatif , komputer , komunikasi , streaming



Untitled

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Baik Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




16550633


Visitors Today : 1976
Total Visitor : 1246084

Hits Today : 20283
Total Hits : 16550633

Visitors Online: 29


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 50.16.165.62
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)


UNIMED Digital Repository Feeds


Copyright © UNIMED Library 2012 - 2014 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan