EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Negeri Medan


Jalan Willem Iskandar, Pasar V - Kotak Pos No. 1589 Medan 20221

Phone : 061-6624102, 6613365
Fax : 061-6624102
E-mail : -
Website : http://library.unimed.ac.id

Support (Customer Service) :
timrepository@yahoo.co.id






Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Donni Yudha Prawira


Muhammad Iqbal


Cut Lidya Mutia


Tessa Simahate


Siti Nurbaidah


Harly Christy Siagian


Catur Dedek Khadijah




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UNIMED » Undergraduate Theses » Pendidikan Matematika - S1
Posted by supriadigaul@gmail.com at 28/05/2013 12:30:59  •  398 Views


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KERAJAAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Created by :
Manalu, Natalia Boang ( 408111083 )



SubjectEQUATIONS
CUBIC
ARITHMETIC
MATHEMATICS-STUDY AND TEACHING
Alt. Subject ARITMATIKA
MATEMATIKA-STUDI DAN PENGAJARAN
KeywordBelajar
Matematika
Model
PBI
Persamaan
Linier
Materi

Description:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah(Problem Based Instruction) pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Kerajaan yang berjumlah 29 orang. Sedangkan objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model Problem Based Instruction pada materi persamaan dan peridaksamaan linier satu variabel. Sebelum pelaksanaan tindakan, terlebih dahulu dirancang perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar aktivitas siswa(LAS), lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidkan. Hasil analisis data pada siklus I adalah terdapat 4 orang siswa (13,8%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar ( yang dapat nilai ) sedangkan 25 orang siswa (86,2%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata semua siswa 46,1, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,4 dengan kategori cukup. Dari hasil siklus I menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih sangat rendah, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Hasil analisis data pada siklus II adalah terdapat 25 orang siswa (86,2%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 4 orang siswa (13,8%) belum tuntas, dengan nilai rata-rata semua siswa 67,9, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,2 dengan kategori baik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan proses pembelajaran yang dilakukan berlangsung dengan baik. Berdasarkan kesimpulan ini diharapkan temuan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction). Bagi guru matematika disarankan untuk menerapkan model problem based Instruction dalam proses pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Contributor:
  1. Drs. J. Ambarita, M.Pd
Date Create:23/01/2013
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UNIMED-Undergraduate-sk130080
Collection ID:sk130080
Call Number:512.942 071 Man p


Source :
UPT Perpustakaan UNIMED

Coverage :
UNIMED Community

Rights :
Copyright@2013 by Unimed Library


Publication URL :
http://digilib.unimed.ac.id/penerapan-model-pembelajaran-berdasarkan-masalah-problem-based-instruction-untuk-meningkatkan-kemampuan-pemecahan-masalah-di-kelas-vii-smp-negeri-1-kerajaan-tahun-ajaran-20122013-25786.html

Share this information to :




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UNIMED-Undergraduate-25786-Caver.pdf - 64 KB
  2.  UNIMED-Undergraduate-25786-Lebar Pengesahan.pdf - 163 KB
  3.  UNIMED-Undergraduate-25786-3.abstrak.pdf - 64 KB
  4.  UNIMED-Undergraduate-25786-Kata Pengantar.pdf - 106 KB
  5.  UNIMED-Undergraduate-25786-4.daftar isi.pdf - 153 KB
  6.  UNIMED-Undergraduate-25786-5.daftar tabel.pdf - 46 KB
  7.  UNIMED-Undergraduate-25786-6.daftar gambar.pdf - 46 KB
  8.  UNIMED-Undergraduate-25786-5.daftar tabel.pdf - 46 KB
  9.  UNIMED-Undergraduate-25786-6.daftar gambar.pdf - 46 KB
  10.  UNIMED-Undergraduate-25786-7.daftar lampiran.pdf - 48 KB
  11.  UNIMED-Undergraduate-25786-8.bab I.pdf - 459 KB
  12.  UNIMED-Undergraduate-25786-12.bab V.pdf - 89 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UNIMED-Undergraduate-25786-9 BAB II.pdf - 951 KB
  2. UNIMED-Undergraduate-25786-10. BAB III.pdf - 589 KB
  3. UNIMED-Undergraduate-25786-11. BAB IV.pdf - 722 KB
  4. UNIMED-Undergraduate-25786-13 LAMPIRAN.pdf - 4877 KB


[ Link of Contents]


 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...

     No related subject found !




HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Belajar , Linier , Matematika , Materi , Model , PBI , Persamaan



Untitled

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Baik Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




17333589


Visitors Today : 1289
Total Visitor : 1326627

Hits Today : 23801
Total Hits : 17333589

Visitors Online: 36


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 54.81.92.174
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)


UNIMED Digital Repository Feeds


Copyright © UNIMED Library 2012 - 2014 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan