EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Negeri Medan


Jalan Willem Iskandar, Pasar V - Kotak Pos No. 1589 Medan 20221

Phone : 061-6624102, 6613365
Fax : 061-6624102
E-mail : -
Website : http://library.unimed.ac.id

Support (Customer Service) :
timrepository@yahoo.co.id






Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Donni Yudha Prawira


Muhammad Iqbal


Cut Lidya Mutia


Tessa Simahate


Siti Nurbaidah


Harly Christy Siagian


Catur Dedek Khadijah




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

Still Confuse?
Please read our User Guide

Keyword
Mode
Expanded Search (for Free text search only)
 

UNIMED » Undergraduate Theses » Pendidikan Matematika - S1
Posted by supriadigaul@gmail.com at 03/05/2013 11:34:13  •  1140 Views


PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP KARYA BUNDA MEDAN T.A 2012/2013

Created by :
Ritonga, Nanna Lestari ( 408311033 )



SubjectLINEAR ALGEBRAIC GROUPS
LINEAR SYSTEMS
MATHEMATICS-STUDY AND TEACHING
Alt. Subject ALJABAR
GEOMETRI GARIS
MATEMATIKA-STUDI DAN PENGAJARAN
KeywordPembelajaran
Variabel
Linear
PBL
Matematika

Description:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Karya Bunda Medan T.A 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Karya Bunda Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yaitu kelas VIII-a yang berjumlah 27 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar berbentuk uraian, setiap siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar yang terdiri dari lima soal. Observasi bertujuan untuk melihat kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Hasil analisis siklus I dari nilai Test Hasil Belajar I diperoleh nilai rata-ratanya 62,4. Sebanyak 11 siswa (40,8%) tuntas dalam belajar sedangkan 16 siswa (59,3%) tidak tuntas. Dan hasil analisis siklus II dari nilai Tes Hasil Belajar II nilai rata-ratanya 80,7. Sebanyak 23 siswa (85,2%) tuntas dalam belajar sedangkan 4 siswa (14,8%) tidak tuntas dalam belajar. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan individu mencapai 85,2% yang memperoleh nilai 65 dan siswa lainnya atau 14,8% memperoleh nilai < 65, maka pembelajaran ini dikatakan tuntas. Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria tinggi, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai. Pelaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi untuk guru pada siklus I sebesar 2,23 meningkat pada siklus II menjadi 3,02. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sudah baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran PBL (Problem Based Learning), hasil belajar siswa khususnya materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Karya Bunda Medan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan model PBL( Problem Based Learning) sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk lebih melatih siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Contributor:
  1. Drs. Syafari, M.Pd
Date Create:27/02/2013
Type:Text
Format:PDF
Language:Indonesian
Identifier:UNIMED-Undergraduate-sk130253
Collection ID:sk130253
Call Number:512.507 1 Rit p


Source :
UPT Perpustakaan UNIMED

Coverage :
UNIMED Community

Rights :
Copyright@2013 by Unimed Library


Publication URL :
http://digilib.unimed.ac.id/penerapan-model-pbl-problem-based-learning-pada-materi-sistem--persamaan-linier-dua-variabel-di-kelas-viii-smp-karya-bunda-medan-ta-20122013-25745.html

Share this information to :




[ Free Download - Free for All ]

  1.  UNIMED-Undergraduate-25745-1. COVER skripsi.pdf - 66 KB
  2.  UNIMED-Undergraduate-25745-2. Lembar pengesahan.pdf - 91 KB
  3.  UNIMED-Undergraduate-25745-4. Abstrack.pdf - 67 KB
  4.  UNIMED-Undergraduate-25745-5. Kata Pengantar.pdf - 122 KB
  5.  UNIMED-Undergraduate-25745-6. DAFTAR ISI.pdf - 316 KB
  6.  UNIMED-Undergraduate-25745-12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - 107 KB
  7.  UNIMED-Undergraduate-25745-7. BAB I.pdf - 448 KB
  8.  UNIMED-Undergraduate-25745-11. BAB V.pdf - 121 KB
  9.  UNIMED-Undergraduate-25745-3. Riwayat Hidup.pdf - 47 KB

[ FullText Content - Please, register first ]

  1. UNIMED-Undergraduate-25745-8. BAB II.pdf - 1252 KB
  2. UNIMED-Undergraduate-25745-9. BAB III.pdf - 698 KB
  3. UNIMED-Undergraduate-25745-10. BAB IV.pdf - 1184 KB
  4. UNIMED-Undergraduate-25745-13.LAMPIRAN.pdf - 6480 KB


[ Link of Contents]


 10 Similar Document...

     No similar subject found !

 10 Related Document...






HELP US !
You can help us to define the exact keyword for this document by clicking the link below :

Linear , Matematika , PBL , Pembelajaran , Variabel



Untitled

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Baik Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan




17286557


Visitors Today : 125
Total Visitor : 1323163

Hits Today : 1831
Total Hits : 17286557

Visitors Online: 20


Calculated since
16 May 2012

You are connected from 54.80.113.118
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)


UNIMED Digital Repository Feeds


Copyright © UNIMED Library 2012 - 2014 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan