PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID

Manalu, Rosmala (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408131086_COVER.pdf]
Preview
Text
408131086_COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408131086_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408131086_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408131086_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408131086_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408131086_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408131086_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408131086_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_BAB I.pdf]
Preview
Text
408131086_BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_BAB V.pdf]
Preview
Text
408131086_BAB V.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 408131086_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408131086_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 3 Medan, 2) apakah ada pengaruh model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap kreativitas siswa kelas XI IPA Semester I SMA Negeri 3 Medan , dan 3) apakah ada hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia yang diajarkan dengan model pembelajaran Advance Organizer yang dikombinasikan dengan Mind Mapping. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan. Sampel penelitian diambil secara random sebanyak 2 kelas dan sampel siswa ditentukan secara acak sebanyak 40 orang per kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan uji awal dan akhir kelompok kontrol acak (Randomized Control-Group Only Design), dimana kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, satu kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran advance organizer dikombinasikan dengan mind mapping (eksperimen I), dan satu kelas yang lain menggunakan Model Pembelajaran Advance organizer (eksperimen II). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah soal tes hasil belajar yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta hasil observasi kreativitas. Uji coba soal tes dengan menggunakan rumus product moment untuk uji validitas dan hasil pengujian diperoleh rhitung antara 0,334 sampai 0.615 atau lebih besar dari 0,320 serta uji KR-20 untuk uji reliabilitas diperoleh r11 sebesar 0,794. Teknik analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov untuk uji normalitas dan diperoleh data terdistribusi normal. Dan data pretes kedua kelas diuji homogenitasnya, dan diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum mendapat perlakuan berbeda. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t-sampel independen. Hasil pengujian mengungkap bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping terhadap hasil belajar dimana sig. < &#945; (0,0035 < 0,05) dan diperoleh ; 2) ada pengaruh model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dimana Sig. < &#945; (0,04 < 0,05); 3) secara signifikan terdapat hubungan kreativitas belajar dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping dimana harga sig.< &#945; sebesar 0,021 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 Man p
Keywords: Tes; Populasi; Sampel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 08:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9983

Actions (login required)

View Item
View Item