UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Damayanti, Isma Tri (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6101112049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6101112049 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6101112049 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6101112049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6101112049 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6101112049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6101112049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6101112049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6101112049 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6101112049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6101112049 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6101112049 TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6101112049 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6101112049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6101112049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6101112049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 6101112049 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 6101112049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6101112049 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6101112049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum melalui pendekatan saintifik (pre-test) lalu dilakukan pembelajran melalui pendekatan saintifik Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik passing bawah bola voli sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 percut Sei Tuan. Hasil perhitungan persentase proses pelaksanaan setelah data terkumpul dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum melalui pendekatan saintifik (pre-test) diperoleh 9 siswa (25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 27 siswa (75%) belum mencapai ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan saintifik. (2) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 18 siswa (50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 31 siswa (87%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (13%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa, melalui pendekatan saintifik dapat memperbaiki hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.325 071 2 Dam u
Keywords: Pembelajaran Pendidikan Jasmani; Passing Bawah Bola Voli; Pendekatan Saintifik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 04 Nov 2016 09:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9653

Actions (login required)

View Item
View Item