UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRI, PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2013/2014

Siahaan, Theo Aditya (2014) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRI, PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM 609112071 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 BAB I.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 BAB I.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of NIM 609112071 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM 609112071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari Sprint dengan menggunakan metode inquiri pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 35 siswa-siswi, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 22 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Test awal, dari 35orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (22,86%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya 27 orang siswa (77,14%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 58,09. (2) Dari data yang didapat terlihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik lari sprint masih rendah, belum seperti yang diharapkan. Dari 35 orang siswa terdapat 25 orang (71,43%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (28,57%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,62. Dengan demikian proses pembelajaran dilanjutkan kesiklus ke II. (3) Dari data hasil belajar siklus II yang didapat terlihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat,walaupun ada sebagian siswa yang hasilnya menurun namun sebagian lagi ada yang meningkat. Dari 35 orang terdapat 32 orang siswa (91,43%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan 3 Orang (8,57%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,17 berarti meningkat dari hasil sebelumnya. Dari tes analisis yang dilakukan pada siklus II disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan aktifitas kemampuan siswa. Peningkatan ini terjadi setelah diberikanpembelajaran melalui penerapan metode inkuiri yang dirancang pada siklus II yang beracuan pada refleksi dan pengalaman disiklus I. Pada tes hasil belajar II nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,17 dengan tingkat ketuntasan 91,4% peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebesar 9,55 dan peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 20%. Dari hasil observasi, kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus I dan II termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 75,62 dan 85.17, terjadi peningkatan sebesar 9,55 dari siklus persiklus. Dilihat dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar atletik nomor lari sprint pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.420 712 Sia u
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Atletik; Lari Sprint.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 28 Oct 2016 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9309

Actions (login required)

View Item
View Item