UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI VARIASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I TALAWI KECAMATAN TALAWI KABUPATEN BATUBARA TAHUN AJARAN 2011-2012

Isram, Pramadani (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA MELALUI VARIASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I TALAWI KECAMATAN TALAWI KABUPATEN BATUBARA TAHUN AJARAN 2011-2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071266110049 Cover.pdf]
Preview
Text
071266110049 Cover.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 071266110049 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
071266110049 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 071266110049 Kata pengantar.pdf]
Preview
Text
071266110049 Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 071266110049  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071266110049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 071266110049 daftar isi.pdf]
Preview
Text
071266110049 daftar isi.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 071266110049 BAB I.pdf]
Preview
Text
071266110049 BAB I.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of 071266110049 BAB V.pdf]
Preview
Text
071266110049 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 071266110049 daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
071266110049 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses pembelajaran renang gaya dada melalui variasi belajar bagi siswa kelas X SMA Negeri I Talawi Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek disini adalah siswa kelas X-A yang berjumlah 38 orang. lokasi penelitiannya dilaksanakan di kolam Renang Kasima Merbou Dalam Dusun 2 Desa Sei Muka Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara, Penelitian ini berlangsung pada semester ganjil yaitu bulan Juni pada tanggal 21 Juni dan 28 Juni Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran renang gaya dada dengan menggunakan variasi belajar yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes renang gaya dada.Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan Variasi belajar (pre test) di peroleh 6 siswa (15,78%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 38 siswa (84,21%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 47,03%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan variasi belajar siklus I. Dari test hasil belajar Siklus I renang gaya dada dengan variasi belajar pada siklus 1 diperoleh 13 siswa (34,21%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 25 siswa (65,85%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 60,85. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran renang gaya dada menggunakan variasi belajar yang lebih variatif. Dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 35 siswa dengan (92,1%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (7,89%) belum mencapai tingkat ketuntas dalam belajar, dengan nilai rata-rata 77,60. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 16,75. Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Variasi Belajar dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya dada pada siswa kelas X SMA Negeri I Talawi Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 790.071 Isr u
Keywords: variasi belajar ; gaya dada
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 11 Aug 2016 08:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item
View Item