UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELAUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP METHODIST- 7 MEDAN T.A. 2015/2016

Siagian, Philips Pasca G (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELAUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VIII SMP METHODIST- 7 MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123111060 - COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123111060 - COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123111060 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123111060 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123111060 - ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123111060 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123111060 - KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123111060 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123111060 - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123111060 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123111060 - DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123111060 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123111060 - DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123111060 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123111060 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123111060 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123111060 - BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123111060 - BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123111060 - BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123111060 - BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4123111060 - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4123111060 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII SMP Methodist - 7 Medan yang berjumlah 27 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Methodist - 7 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perbedaan perlakuan pada siklus I dan siklus II terletak pada tahap membimbing penyelidikan. Pada siklus I dibimbing secara individu, sedangkan siklus II dibimbing secara individu dan kelompok. Setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran sebanyak 7 soal.
Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan penalaran siswa 51,58 dengan presentase siswa yang telah mencapai skor kemampuan penalaran ≥ 65 sebesar 29,63% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 60,95 dengan presentase siswa yang mencapai skor kemampuan penalaran ≥ 65 sebesar 62,96% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 73,61 dengan presentase siswa yang mencapai skor kemampuan penalaran ≥ 65 sebesar 81,48% dari jumlah siswa.
Rata-rata nilai kategori kemampuan peneliti mengelola pembelajaran pada Siklus I ini adalah 2,72 dan termasuk kategori kurang baik. Dan rata-rata nilai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran pada Siklus II ini adalah 3,39 yang termasuk kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas VIII SMP Methodist - 7 Medan sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 080
Keywords: Pembelajaran Matematiaka; Penalaran; Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:01
Last Modified: 04 Aug 2016 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8310

Actions (login required)

View Item
View Item