PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN LIMIT DAN KEKONTINUAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KREATIFITAS BERPIKIR MAHASISWA

Sagala, Prihatin Ningsih (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN LIMIT DAN KEKONTINUAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KREATIFITAS BERPIKIR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 07 (01). 01-06. ISSN 1907-7157

[img] Text
Cover, Tabel Of Content, FUll Text Penerapan MOdel Pembelajaran.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Dari data profil penyelenggaran proses pendidikan di Jurusan Matematika Unimed menunjukkan bahwa tingkat mengulang dan kegagalan mahasiswa masih tinggi, terutama pada matakuliah lanjut. Salah satu indikasi yang menyebabkan masalah ini adalah kurangnya kemampuan komunikasi matematis dan kreatifitas berpikir mahasiswa untuk menyesaikan suatu masalah yang sebenarnya sudah didukung oleh beberapa konsep yang sudah diketahui sebelumnya. Pada Kalkulus I, Jika persoalan yang ditawarkan pada tataran pembuktian teorema , mahasiswa kebingungan harus memulai darimana menyelesaikannya. Apalagi pada tataran menganalisis soal , mensistesis soal , memecahkan masalah , dan mengevaluasi soal.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan dosen dalam menerapkan model pada matakuliah, secara khusus apakah penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing pada pokok bahasan limit dan kekontinuan mampu meningkatkan komunikasi matematis dan kreatifitas berpikir mahasiswa, Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh; untuk partisipasi mahasiswa diperoleh bahwa mahasiswa yang melakukan aktivitas seperti pada rublik partisipasi yang berada pada skor 1- 5 terdapat 86 %. Peningkatan yang terjadi secara keseluruhan 77.7 %. Untuk tingkat kelulusan diperoleh 92 % atau 33 orang dari 36 orang mahasiswa. Dan dari hasil wawancara diperoleh bahwa 94 % mahasiswa atau 34 orang dari 36 orang berpendapat bahwa model pembelajaran yang diterapkan peneliti sudah sesuai dan cocok sebagai upaya untuk meningkatkan komunikasi matematis dan kreatifitas berpikir mahasiswa.

Item Type: Article
Keywords: Top Model Learning Invention; A High Level Question; Mathematical Communications; Creativity Thinking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 30 Mar 2016 05:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item