PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SMP AEKKANOPAN

Adha, Nur (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA DI SMP AEKKANOPAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8116172012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8116172012 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8116172012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8116172012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8116172012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8116172012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8116172012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8116172012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8116172012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8116172012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8116172012 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8116172012 TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8116172012 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8116172012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8116172012 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8116172012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8116172012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8116172012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8116172012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8116172012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8116172012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8116172012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh model problem based learning berbantuan software geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) peningkatan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh model model problem based learning berbantuan software geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (4) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap matematika siswa terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa, (5) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kualuh Selatan dengan sampel 80 siswa dan SMP Swasta Sultan Hasanuddin dengan sampel 80 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Aekkanopan yang mengambil dua sekolah yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan kuisioner motivasi belajar matematika siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran problem based learning berbantuan software geogebra lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan sikap matematika siswa terhadap peningkatan motivasi belajar matematika siswa, (4) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa pada model pembelajaran problem based learning berbantuan software geogebra lebih baik daripada pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran problem based learning berbantuan software geogebra dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Adh p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran problem based learning; Kemampuan pemecahan masalah; Motivasi belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Aug 2016 08:06
Last Modified: 02 Aug 2016 08:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8266

Actions (login required)

View Item
View Item