MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROYEK DI KELAS IV SD 033927 LAE MEANG, DAIRI T.A 2014/2015.

Simbolon, Maria Febrina (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROYEK DI KELAS IV SD 033927 LAE MEANG, DAIRI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 36195 COVER.pdf]
Preview
Text
36195 COVER.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 36195  LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
36195 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 36195   ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
36195 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 36195  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
36195 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 36195  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
36195 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 36195  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
36195 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 36195  BAB I.pdf]
Preview
Text
36195 BAB I.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of 36195  BAB V.pdf]
Preview
Text
36195 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 36195 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
36195 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa pada materi Koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Masalah Sosial dengan menggunakan metode proyek kelas IV SD 033927 Lae Meang, Dairi T. A 2014/2015Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran metode proyek, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 033927 Lae Meang, Dairi T.A 2014/2015 yang berjumlah 40 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II.Setiaap Siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I, siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 65. Apabila nilai siswa kurang dari 65, maka siswa dikatakan belum tuntas . Pada saat dilaksanakan Pre Test dapat diketahui bahwa dari 40 orang siswa sebanyak 8 siswa (20 %) tuntas, dan sebanyak 32 orang siswa (80%) tidak tuntas. Siklus I dapat diketahui bahwa dari 40 orang siswa sebanyak 26 orang siswa (65 %) yang mendapat hasil belajar tuntas dan sebanyak 14 orang siswa (35 %) yang masuk dalam kategori tidak tuntas dengan rata-rata kelas sebesar 65. Jika dibandingkan dengan nilai tes awal, maka telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan tes Siklus II dapat diketahui sebanyak 33 orang siswa (82,5%) yang tuntas dalam belajar dan sebanyak 7 orang siswa (17,5 %) yang tidak tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada Siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus menandakan bahwa tidak perlu lagi diadakan Siklus berikutnya.Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “dengan menggunakan metode proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok koperasi dalam perekonomian Indonesia di kelas IV SD 033927 Lae Meang, Dairi T.A 2014/2015”. Dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.83 Sim m
Uncontrolled Keywords: Hakekat Belajar; Metode Proyek; IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 04:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8042

Actions (login required)

View Item
View Item