MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING ( PCL) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 060874 MEDAN PERJUANGAN T.A 2013-2014

Siregar, Siti Rahmadhani (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING ( PCL) PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 060874 MEDAN PERJUANGAN T.A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 1101111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1 1101111021 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2 1101111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 1101111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[thumbnail of 3 1101111021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3 1101111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 4 1101111021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 1101111021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 5 1101111021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 1101111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 6 1101111021 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 1101111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7 1101111021 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 1101111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 8 1101111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 1101111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9 1101111021 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 1101111021 BAB I.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 10 1101111021 BAB V.pdf]
Preview
Text
10 1101111021 BAB V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 11 1101111021 DAFTAR PUSAKA.pdf]
Preview
Text
11 1101111021 DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kreativitas menulis siswa kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan, terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain banyak siswa yang masih kurang dalam pemahaman terhadap cara penulisan yang benar, model pembelajaran masih kurang efektif dan tidak bervariasi, rendahnya kreativitas menulis siswa menuangkan ide dan pikiran dalam menulis karena penggunaan pendekatan yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas menulis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi Menulis Laporan Pengamatan di kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan T.A 2013/2014.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pemantauan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki di SD Negeri 060874 Medan Perjuangan. Objek dari penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitas menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Laporan Pengamatan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes formatif.Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis data observasi pada siklus I diperoleh data peningkatan kreativitas menulis siswa yaitu 21 orang siswa tergolong kreativitas rendah atau 70% dan 4 siswa tergolong kreativitas sedang atau 13.3% dan 5 siswa kreativitas tinggi atau 16.6%. Dan pada siklus II persentase kreativitas menulis siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat kreativitas menulis siswa, yaitu: terdapat 25 orang siswa berkreativitas tinggi atau 83.3%, 3 siswa berkreativitas sedang atau 10% dan 2 siswa berkreativitas rendah atau 6.67% dari jumlah 30 siswa keseluruhan. Hal ini dapat dilihat dari rata – rata kelas kreativitas menulis siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning dapat meningkatkan kreativitas menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 060874 Medan Perjuangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.62 Sir m
Keywords: Menulis; Kreativitas; Model pembelajaran; Kurikulum.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 02 Aug 2016 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7913

Actions (login required)

View Item
View Item