PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD FREE METHODIST 1 HELVETIA MEDAN T.A 2013/2014

Pasaribu, Dian Renny Sari (2014) PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD FREE METHODIST 1 HELVETIA MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103311015 COVER.pdf]
Preview
Text
1103311015 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
1103311015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
1103311015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
1103311015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
1103311015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
1103311015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
1103311015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 LIST OF GRAPHIC.pdf]
Preview
Text
1103311015 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
1103311015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
1103311015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 1103311015 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
1103311015 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar sebagai respon rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran matematika pada materi pokok pecahan sederhana dalam bentuk soal cerita.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkat atau tidaknya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode problem solving pada materi pokok pecahan sederhana dalam bentuk soal cerita. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVc SD Swasta Free Methodist 1 Helvetia Medan Tahun Ajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 39 orang.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriftif (rata-rata dan persentase). Sedangkan kriteria ketuntasan belajar didasarkan pada ketuntasan secara perorangan dan secara klasikal. Seorang siswa dikatakan telah tuntas apabila telah mendapat nilai minimal 70 dan satu kelas dikatakan tuntas belajar jika dikelas tersebut telah terdapat minimal 85% siswa yang telah tuntas.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan siklus I, peneliti melakukan tes awal (pretest). Hasil penelitian yang diperoleh rata-rata pretes sebelum menggunakan metode problem solving adalah sebesar 50,9 secara klasikal hanya 5 orang siswa (12,82%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi selebihnya memiliki hasil belajar yang kurang optimal. Rata-rata hasil belajar siswa pada postest siklus I setelah diberikan metode problem solving adalah 66,4 secara klasikal dinyatakan 13 orang siswa (33,33%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi berarti terjadi peningkatan sebesar 20,51%. Pada pemberian postest II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,5 secara klasikal dinyatakan bahwa 36 orang siswa (92,30%) yang memiliki hasil belajar yang tinggi, berarti terjadi peningkatan sebesar 58,97% dari hasil postest I.Observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan keberhasilan guru dalam mengajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil observasi mengajar guru pada siklus I tergolong kategori cukup dengan nilai 2,3 dan aktivitas belajar siswa tergolong kategori cukup dengan nilai 2,52. Pada siklus II hasil observasi mengajar guru tergolong sangat baik dengan nilai 3,3 dan aktivitas belajar siswa tergolong kategori baik dengan nilai 2,8.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi pokok pecahan sederhana dalam bentuk soal cerita. Sehingga pembelajaran ini dapat disajikan salah satu alternatif pemecahan masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pokok pecahan sederhana dalam bentuk soal cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.92 Pas p
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika; Metode Pembelajaran; problem Solving; Karakter Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7673

Actions (login required)

View Item
View Item