MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA PELAJARAN IPS KELAS V SDN. 101768 TEMBUNGT.A 2013-2014

Villayani, Ayuli (2014) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA PELAJARAN IPS KELAS V SDN. 101768 TEMBUNGT.A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1101111004 COVER.pdf]
Preview
Text
1101111004 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1101111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1101111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1101111004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1101111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1101111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1101111004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1101111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 BAB I.pdf]
Preview
Text
1101111004 BAB I.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 BAB V.pdf]
Preview
Text
1101111004 BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 1101111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1101111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokokMenghargai Jasa dan Peranan para tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101768 Tembung. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan.Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Menghargai Jasa dan Peranan para tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur.Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas belajar siswa dan lembar kegiatan guru. Kriteria ketuntasan kreativitasbelajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 60. Seorang siswa dikatakan telah kreatif dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80Pada saat dilaksanakan Siklus I dapat diketahui bahwa dari28orang siswa,terdapat sebanyak 10 orang siswa yang sudah termasuk ke dalam kriteria ketuntasan kreativitas belajar dan sebanyak 18 orang siswa yang belum termasuk dalam kriteria tuntas dengan nilai secara klasikal sebesar64.28%. Jika dibandingkan dengan nilai kondisi awal, maka telah terjadi sedikit peningkatan namun belum mencapai kriteria yang diharapkan.Berdasarkan Siklus IIdapat diketahui sebanyak 5 orang siswa yang belum mencapai kriteria yang diharapkan dan sebanyak 23 orang siswa yang sudah termasuk ke dalam kriteria ketuntasan kreativitas belajar dengan nilai secara klasikal sebesar82.14%. Setelah dilakukan pembelajaran pada Siklus II diperoleh peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus menandakan bahwa tidak perlu lagi diadakan Siklus berikutnya.Dari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran “Kepala Bernomor Struktur” pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya model pembelajaran Kepala Bernomor Struktur digunakan guru sebagai salah satu alternatif guru dalam upaya meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, maupun pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.89 Vil m
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Kepala Bernomor Struktur; Tujuan Belajar; IPS; Model Pembelajaran; MAteri Pokok Jasa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 02 Aug 2016 06:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7557

Actions (login required)

View Item
View Item