PENGALAMAN BELAJAR YANG HANDAL DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA

Badiran, Muhammad (2012) PENGALAMAN BELAJAR YANG HANDAL DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 05 (02). pp. 167-179. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Table of content.pdf]
Preview
Text
Table of content.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan kebutuhan mahasiswa Seni Rupa yang merupakan kompetensi lulusan yang digunakan untuk merancang pengalaman belajar yang handal agar lulusan mampu beradaptasi pada lapangan kerja baru. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan (Juni sampai dengan November 2004), menerapkan metode survai dengan teknik pengumpulan data: observasi, kuesioner, pencatatan dokumen, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa dan dosen jurusan pendidikan Seni Rupa FBS UNIMED, lulusan, dan pemberdaya lulusan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling dan jumlah sampel penelitian adalah sebesar 85 orang dan sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa dan dosen jurusan Seni Rupa, dan lulusan Seni Rupa seperti guru SMU, desainer visual, pada biro reklame, pelukis ataupun perajin, dan pemberdaya lulusan. Hasil penelitian ini menemukan standar kompetensi sebagai landasan merancang pengalaman belajar yang handal yaitu a) Kompetensi berpikir logis dan analitik dalam memecahkan permasalahan, b) Kompetensi bekerja mandiri dan bekerja sama dangan orang lain, c) Kompetensi mengkomunikasikan ide dan informasi secara Iisan, tulisan. maupun visualisasi ide, d) Kompetensi meningkatkan IImu pengetahuan dan keahlian secara mandiri, e) Kompetensi menguasai dan menggunakan teknologi, f) Kampetensi melakukan evaluasi, menganalisis data. dan membuat solusi yang efektif untuk mengatasi pemasalahan, g) Kompetensi merencanakan dan mengorganisasikan aktivitas, dan h) Kompetensi beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan masyarakat. Berdasarkan kompetensi hasil temuan penelitian, untuk penelitian lanjutan disarankan meneliti materi ajarnya, model pembelajaran dan instrumen penilaian hasil belajar mata kuliah apresiasi, teori dan praktik Seni Rupa.

Item Type: Article
Keywords: Pengalaman Belajar; Analisis Kebutuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts
N Fine Arts > NB Sculpture
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 31 Mar 2016 11:33
Last Modified: 31 Mar 2016 11:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item
View Item