UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EMOSIONAL DI KELAS V SD NEGERI NO. 101774 SAMPALI T.A 2011/2012

Putri, Chasia Vera (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN EMOSIONAL DI KELAS V SD NEGERI NO. 101774 SAMPALI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 108113019 COVER.pdf]
Preview
Text
108113019 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
108113019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
108113019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
108113019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
108113019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
108113019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
108113019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 BAB I.pdf]
Preview
Text
108113019 BAB I.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 BAB V.pdf]
Preview
Text
108113019 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 108113019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
108113019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kurangnya perhatian atau motivasi dari guru kepada siswa untuk bertanya selama proses pembelajaran, tidak adanya kesempatan yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang diajarkan, sehingga siswa merasa takut untuk bertanya kepada guru, kurangnya penguasaan siswa terhadap kosa kata sehingga takut salah dalam menyampaikan pertanyaan, dan tidak adanya pendekatan secara emosional diantara guru dan siswa. Adapun rumusan masalah ini yaitu “ Apakah Dengan Menggunakan pendekatan emosional pada pokok bahasan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dapat meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa di Kelas V SD Negeri 101774 Sampali”. Pendekatan emosional dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tertulis, dan memberikan kesempatan untuk membacakan pertanyaan yang diajukan secara tertulis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah pendekatan pendekatan emosional dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri No. 101774 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 1 kelas yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 20 orang siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki yang ditentukan berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti. metode yang digunakan PTK menurut Kemmis dan Taggart sebanyak 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi serta masing-masing siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk guru (peneliti) dan siswa. Bertindak sebagai observer adalah guru kelas V dan teman sejawat peneliti. teknik analisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif (Persentase). Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pendekatan emosional dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri No. 101774 Sampali T.A 2011/2012. Pada indikator menuliskan suatu pertanyaan terdapat 21 orang (67,7%) yang aktif pada siklus I dan meningkat menjadi 30 orang (96,8%) pada siklus II. Pada indikator berani bertanya / menyampaikan pertanyaan terdapat 9 orang (29%) siswa aktif pada siklus I dan meningkat jadi 21 orang (67,7%) pada siklus II. Pada indikator mengungkapkan pertanyaan dengan jelas terdapat 11 orang (35,5%) siswa aktif pada siklus I dan meningkat jadi 20 orang (64,5%) pada siklus II. Pada indikator menjawab pertanyaan terdapat 8 orang(25,8%) yang aktif pada siklus I, dan meningkat jadi 17 orang (54,8%) pada siklus II. Pada induikator mengacungkan tangan terdapat 10 orang (32,3%) yang aktif pada suklus I, dan meningkat jadi 20 orang (64,5%) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Put u
Uncontrolled Keywords: keterampilan bertanya; pendekatan emosional; IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 12 Aug 2016 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7096

Actions (login required)

View Item
View Item